Ford Ubah Bisnis di Indonesia.


Awalnya, Ford dikenal di Indonesia sejak 1950’an sebagai produsen otomotif asal Amerika serikat. Baru pada 12 Juli 2000, PT.Ford Motor Indonesia berdiri dan memegang hak agen tunggal pemasaran produk-produk Ford di Indonesia sejak 2001. Perusahaan ini 100 persen merupakan perusahaan asing dengan sahamnya sepenuhnya milik Ford Motor Company.


Di tahun 2002, PT.Ford Motor Indonesia (FMI) mengeluarkan Ford Ranger, kendaraan jenis truk pick-up. Kendaraan ini banyak dipesan oleh instansi, perkebunan dan sebagainya untuk kendaraan operasional. Praktis tidak banyak jenis kendaraan yang dipajang di showroom – showroom Ford Indonesia yang disebuit sebagai Ford Superstore.

Setelah 6 tahun berkibar, PT Ford Motor Indonesia dan masuk dalam asosiasi Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) akhirnya dinobatkan sebagai salah satu 10 merek terbaik di Indonesia.

Disaat bersamaan, pertumbuhan pasar mobil-mobil kecil di Indonesia mengalami peningkatan, dengan omzet mencapai 6.000 sebulan. Pangsa pasar yang demikian besarnya ini menjadi godaan bagi produsen otomotif manapun, tak terkecuali Ford Motor Indonesia.


FMI secara resmi hari ini meluncurkan New Ford Fiesta, varian mobil kecil lansiran Ford dengan desain yang lebih sporty dan stylish. Pendahulunya, Ford Fiesta telah memenangkan banyak sekali penghargaan dan ternama secara global. New Ford Fiesta dengan kualitas yang lebih baik dan teknologi terkini akhirnya mengubah bisnis Ford di Indonesia.

Menurut Will Angus, Presiden Direktur Ford Motor Indonesia, perubahan ini termasuk penampilan showroom yang mengalami transisi dengan lebih banyak memajang produk seperti sedan kecil ini. Dengan demikian, Ford Superstore yang identik dengan pick up dan truk besar, berubah menjadi lebih muda dan bergaya.

Sejak pertama kali di tampilkan dalam ajang Indonesia International Motor Show 2010, New Ford Fiesta telah mencuri perhatian khalayak, bahkan penggemarnya melalui jejaring sosial facebook mencapai 47.000 orang.

Fiesta di banderol antara Rp.167-215 juta, dengan teknologi cerdas terkini, seperti sebuah mainan dalam skala besar. Desain Kinetic, Voice Control and Command, Power Shift, Electronic Stability Program serta Hill Lounch Assist menjadi fitur-fitur yang menarik di New Ford Fiesta. Fiesta dirakit di Auto Allience Thailand (AAT) di rayong, Tahiland, sebuah fasilitas perakitan dengan nilain investasi $ 500 juta, dimana produksinya untuk memenuhi pasar ASEAN, Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s