Dolar Jatuh Paska FOMC



Dolar AS terdepresiasi paska pengumuman hasil FOMC The Fed yang menyatakan akan mengeluarkan tak kurang $600 milyar kedalam sistem ekonominya melalui pembelian obligasi pemerintah sebagai kebijakan moneter lanjutan yang lunak untuk merangsang perekonomiannya.


Akibatnya, Euro meroket hingga ke puncak level di $1.42 atas keputusan yang mengejutkan diluar besarnya perkiraan semula, sebagaimana diketahui pasar hanya memperkirakan maksimal sebesar $500 milyar yang dikeluarkan secara bertahap dalam beberapa bulan kedepan.

Meski demikian, Euro kembali terkoreksi setelah dinyataka bahwa sekitar $75 milyar akan digunakan untuk membeli Obligasi jangka panjang pemerintah di hinga pertengahan 2011. Indikasi bahwa The Fed akan membelanjakan hanya $75 milyar perbulan adalah lebih rendah dari perkiraan pasar sebesar $100 milyar perbulan.

Dolar diperkirakan masih akan tertekan dengan kecenderungan menurun hingga 8 persen terhadap mata uang lainnya. Diawali koreksi sejak September lalu atas ekspektasi kebijakan The fed yang lunak sehingga menurunkan nilai tukar Dolar.

The Fed sendiri mengumumkan hasil pertemuan ini sehari setelah hasil pemilu sela dimaan kubu Republik mengambil mayoritas kekuasaan Demokrat di DPr sementara Demokrat masih menguasai Parlemen.

Dolar naik 0.9 percent terhadap yen ke 81.36, setelah sempat naik hingga 81.59. Indek Dolar sendiri masih flat di 76.743.(RTR/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s