Minyak Turun ke $81 pbl Oleh Data Ekonomi AS.


Harga minyak ditutup menurun pada perdagangan Jumat (29/10) oleh pengaruh data ekonomi AS yang isyaratkan pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga kurang memuaskan.Harga minyak pada linerja bulanan di perdagangan berjangka sendiri menguat untuk pertama kalinya ditutup diatas $80 pbl sejak April lalu.


Pasar melakukan aksi ambil untung akibat berakhirnya kontrak, serta data ekonomi Jerman dan India yang kurang baik pula. Berakhirnya kontrak berjangka komoditi produksi minyak suling juga memberikan sentimen negatif harga komoditi minyak.

Harga minyak mentah untuk kontrak Desember menurun 75 cents, atau 0.91 percent, ke $81.43 per barrel, level terendah pada perdagangan kemarin bahkan masih bisa diatas $80.56. Harga minyak mentah menurun 26 cents sepanjang pekan ini. Namun naik $1.46 dari akhir September lalu yang ada di $79.97 pbl. Minyak Brent London untuk kontrak Desember turun 44 sen, atau 0.53 persen ke $83.15 per barel.

Volume perdagangan mencapai lebih 450,000 lots namun masih dibawah rata-rata sebesar 650,000 lots.

Data ekonomi AS, PDB tahunan untuk kuartal ini mengalami pertumbuhan sebesar 2.0 percent naik dari 1.7 percent di kuartal sebelumnya. Namun pemerintah AS juga menyatakan bahwa pertumbuhan ini masih belum bisa menuntaskan masalah tingginya tingkat pengangguran AS saat ini.(RTR/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s