Geithner: AS Tidak Akan Mendevaluasi Dolar.


Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner pada Senin (18/10) menghilangkan kekhawatiran beberapa pihak akan kemungkinan Amerika Serikat melakukan devaluasi Dolarnya untuk mendongkrak ekspor. Menurutnya, tidak ada negara didunia ini yang bisa mencapai kemakmuran dengan mendevaluasi mata uangnya.


“Hal ini tidak akan terjadi di negara ini (AS,pen.). ” demikian ditegaskan oleh Geithner dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin bisnis di Silicon Valley.

Pernyataan Geithner ini seakan memecah kebisuan dia selama jatuhnya Dolar beberapa waktu terakhir ini seiring dengan langkah yang mungkin akan diambil oleh the Federal Reserve untuk melakukan kebijakan yang lebih lunak. Menjawab pertanyaan dari salah satu peserta dialog dari Commonwealth Club of California, dia menegaskan bahwa Amerika Serikat perlu kerja keras untuk menjaga kepercayaan terhadap Dolar AS.

Di Hari Jumat, Dolar terjun ke level terendahnya dalam 10 bulan ini terhadap mata uang lainnya, bahkan terhadap Yen Jepang pada level terendah dalam 15 tahun. Berbagai rekan dagang AS mensinyalir bahwa kebijakan The Fed lebih lanjut akan membuat Dolar AS akan jatuh lebih dalam.

Ditanya mengenai apakah Dolar AS akan kehilangan status sebagai mata uang dunia, Geithner menjawab “not in our lifetime.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s