Dolar Jeblok vs Yen, Terendah 15 Tahun Ini.



Dolar AS jeblok terhadap Yen Jepang, bahkan mencapai titik terendah dalam 15 tahun ini pada perdagangan Jumat (08/10) setelah data dari Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan ada penurunan pekerja sebanyak 95 ribu.


Jatuhnya angka non farm payroll, 95 ribu di bulan September memang mengejutkan pasar. Hal ini semakin memperkuat spekulasi langkah The Federal Reserve akan melakukan kebijakan moneter yang lebih longgar termasuk melakukan pembelian aset atau obligasi jangka panjang.

Para pialang melihat level 80-yen sebagai level Dolar akan jatuh kesana. Sebelumnya, ada di level 81.72 yen.

Disisi lain, terhadap Euro, Dolar juga melemah meski akhirnya menguat oleh bantuan pernyataan presiden Eurogroup yang berkomentar bahwa Euro di $1,4000 adalah sangat tidak menyenangkan. Pada hari Kamis, Euro menembus $1,4000 ini. Sepanjang pekan ini, Euro tetap menguat 0.9 percent,penguatan minggu keempat secara beruntun.

Dollar akhirnya ditutup pada 82.16 yen, turun 0.3 percent pada perdagangan Jumat. Para investors masih menunggu intervensi Bank of Japan untuk melemahkan Yen setelah Yen mengaut dari level 82.87 dimana Bank of Japan melakukan intervensi 15 September lalu.

Perdana Menteri Jepang, Naoto Kan menyatakan bahwa Tokyo akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi penguatan Yen. langkah ini dilakukan, termasuk melalui kerja sama dengan negara-negara G7 lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s