Emas Naik, Bertahan Di $1.366.



Harga komiditi emas terus melambung dengan naik lebih tinggi dari harga di perdagangan sebelumnya. Kinerja mingguan emas mencatat yang terbaik dalam enam bulan ini. Langkah The Fed yang memberikan tekanan bagi Dolar, menguntungkan emas untuk naik.


Sebagaimana diketahui, bahwa The Fed akhirnya lebih melonggarkan kebijakan moneternya termasuk membeli obligasi jangka panjang serta memompa sejumlah besar dolar kedalam sistem ekonomi. Suku bunga acuan utama yang dipertahankan sangat rendah mendekati nol persen, terus memberikan tekanan terhadap Dolar AS, bahkan dalam satu bulan terakhir mampu menekan 7 percent atas mata uang besar lainnya.

Melemahnya Dolar menjadi pendongkrak kenaikan harga emas mengingat terjadi hubungan yang berlawanan antar keduanya, dimana dalam satu bulan ini harga Emas justru naik sebesar 10 percent.

Harga emas di pasar Spot berada pada $1,359.75 per ounce naik $1,345.80 diakir penutupan Rabu kemarin. Namun demikian hasil ini merupakan koreksi dari kenaikan hingga $1,364.60 diawal perdagangan Kamis.

Harga emas dalam minggu ini telah naik 3.2 percent tertinggi dalam kinerja sepekan sejak pertengahan April lalu. Harga emas di perdagangan berjangka untuk kontrak Desember mencapai $1,366 per ounce, sebelum turun 1 percent akibat aksi ambil untung juga hingga ditutup di$1,361.00.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s