Bank of England, Pertahankan Kebijakan Moneternya.



Bank of England mempertahankan kebijakan moneternya sebagaimana diperkirakan banyak pihak dalam keputusan Komisi Kebijakan Moneter Bank Sentral atau MPC pada Kamis (07/10) sebagai upaya meredam ketidak pastian msa depan ekonomi Inggris.


Pihak bank sentral akhirnya memutuskan tetap mempertahankan suku bunga saat ini sebesar 0.5 persen dalam 20 bulan terakhir ini, dan memutuskan tidak akan menambah dana untuk membeli aset lagi sebagaimana telah dilakukan sejak Maret 2009 hingga Januari 2010 sebesar 200 milyar poundsterling atau senilai $319 milyar.

Paska keputusan ini, Sterling tembus harga tertinggi dalam delapan bulan ini terhadap Dolar AS, memupuskan kekhawatiran pasar akan kemungkinan BOE mengikuti jejak Bank of Japan yang memangkas suku bunga sebagaimana diawal mingu ini sementara kebijakan uang longgarnya tidaklah menjadi perhatian utama.

Isu yang menjadi perhatian adalah berkenaan dengan langkah yang akan diambil untuk mengurangi defisit anggaran. Pada pertemuan selanjutnya, hal yang menjadi konsen pasar adalah laporan inflasi, yang akan dilakukan bulan November.

Jajak pendapat yang dilakukan Reuters sendiri menyatakan bahwa suku bunga utama akan tetap dipertahankan, namun diluar perkiraan adalah tidak ada langkah tambahan untuk melakuka program pembelian aset bulan ini. Hanya satu anggota MPC, Adam Posen yang menyatakan bahwa dia memilih untuk meningkatkan pembelian aset kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s