Intervensi Yen, Cermin Ketegangan Sistem Mata Uang Global.


Keputusan Jepang melakukan intervensi Yennya bulan lalu mencerminkan adanya ketegangan dalam sistem mata uang global, demikian dikatakan oleh Presiden Bank Dunia,Robert Zoellick. Menurutnya, hal ini tidak diinginkan karena bisa memicu proteksionisme, sebagaimana dikutip dari Reuter.


Zoellick tidak mendukung atau mengkritisi langkah intervensi Jepang, demikian dikatakan sebagaimana di tulis Harian Nikkei. Ditambahkan olehnya, tidak ada jawaban yang ilmiah untuk menjawab seberapa besar Yuan Cina harus dinaikkan. Menurutnya, kebijakan mata uang AS sebaiknya diserahkan saja kepada pejabat AS sendiri.

Aliran dana ke negara-negara berkembang dari negara-negara ekonomi maju juga mengalami peningkatan seiring upaya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih bunga yang berpotensi bisa mengapresiasi mata uang dan menyebabkan gelembung masalah. Oleh karena itu, para pejabat keuangan haruslah memperhatikan berbagai macam kebijakan jangka pendek atas aliran modal tersebut tambah Zoellick kepada Nikkei.

Dalam perekonomian global saat ini, sistem pertukaran mata uang dan penyeimbangan kembali pertumbuhan ekonomi dunia akan menjadi topik yang penting dalam pertemuan IMF,G7 dan Bank Dunia akhir pekan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s