Geithner : IMF & Bank Dunia Bila Gagal Menekan Cina Akan Jadi Bencana



Kegagalan institusi global untuk menciptakan suatu koordinasi tekanan dalam melakukan pendekatan terhadap suatu negara seperti Cina untuk membuat nilai mata uang mereka naik akan menjadi sumber bahaya bagi perekonomian global, demikian dikatakan Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner pada Rabu (06/10).


Geithner, menjelaskan posisi AS menjelang pertemuan semi tahunan Bank Dunia dan International Monetary Fund di akhir pekan ini. Dengan jelasnya, dia menyatakan pandangannya akan resiko dari suatu putaran yang hancur akibat devaluasi-devaluasi mata uang yang kompetitif.

“Hal ini akan menjadi sebuah masalah manakala sebuah negara dengan perekonomian besar memiliki mata uang yang dibawah nilai tukar semestinya demi menjaga mata uang tersebut dari appresiasi, yang akan mendorong negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama.” imbuhnya dalam sebuah kesempatan di the Brookings Institution, sebuah think thank dari Washington.

Dia menyatakan bahwa sebuah tantangan bagi pemerintahan Obama untuk mendapatkan dukungan dalam usaha-usaha menekan Beijing agar mau mengubah nilai tukar mata uangnya kepada nilai tukar yang berorientasi pasar, dimana hal ini akan berdanpak menjadi mahalnya ekspor namun mengingatkan sekali lagi akan hasil yang lebih cepat.

” Cina akan mengubah nilai tukarnya lebih tinggi secara lebih cepat jika merasa tidak yakin dengan negara-negara lainnya akan melakukan hal yang sama” tambah Geithner, secara jelas dikatakannya bahwa negara-negara lain cenderung mempertahankan nilai uang mereka rendah untuk mempertahankan kebijakan guna meningkatkan ekspor mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s