Cina Minta Eropa Tidak Tekan Revaluasi Yuan.



Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao menyatakan agar Uni Eropa menghentikan upaya penekanan ke Beijing untuk mengrevaluasi Yuan. Demikian dikatakan PM.Wen Jiabao pada Rabu (06/10) dikatakan bahwa langkah ini bisa menimbulkan masalah sosial.


Wen mengatakan kepada para pebisnis di Brussel dalam forum bisnis Cina-UE. Cina memang akan melaksanakan reformasi mata uangnya untuk lebih fleksibel sebagaimana diumumkan Juni lalu, namun sekali lagi Beijing meminta Eropa tidak memaksakan diri dan mengharga langkah-langkah Cina.

Wen justru meminta para pemimpin Eropa berpaling ke Dolar AS yang menurutnya layak diminta penjelasan akan penyebab fluktuasi nilai tukar Euro. Ditambahkan olehnya bahwa perdagangan Cina-AS surplus, lebih karena struktur khusus perekonomian dua negara tersebut dan bukan karena nilai tukar Yuan.

Ditegaskan oleh Wen, bahwa konggres AS sendiri telah memprediksi gejolak sosial yang akan timbul manakala ada peningkatan Yuan secara cepat.Salah satunya adalah akan banyak perusahaan eksportir yang akan tutup dan pekerja yang kehilangan pekerjaan mereka.Buruh migran akan pulang ke desa-desanya. Jikalau Cina mengalami kekacauan sosial dan ekonomi maka akan menjadi bencana bagi dunia, imbuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s