Soros Salahkan Jerman Sebagai Biang Deflasi Eropa.


George Soros menyalahkan Jerman yang menjadi pemimpin pelaksanaan kebijakan-kebijakan penghematan, dimana hal ini akan melemparkan Zona Euro kedalam sebuah deflasi spiral.


Menurut Soros, semestinya dilakukan penambahan kebijakan stimulus dan bukan kebijakan disiplin fiskal sebagai jalan keluar dari krisis baik yang menimpa Eropa maupun AS saat ini. Demikian dikatakan oleh Soros pada hari Selasa (05/10) saat berpidato di Columbia University sebagaimana dikutip Reuters.

“Pengurangan defisist oleh negara-negara kreditor seperti Jerman akan menimbulkan kontradiksi secara langsung sebagaimana yang kiat pelajari dari peristiwa Great Depression di tahun 1930a. Hal ini akan membuat Eropa masuk dalam periode stagnasi yang panjang atau bahkan lebih buruk”. imbuhnya.

Sementara, bagi pemerintahan Obama, Soros mengkomentari bahwa pemerintah saat ini semestinya lebih mengarahkan uang ekstra dari para pembayar pajak tinggi kedalam kebijakan fiskal yang di tujukan merangsang pertumbuhan investasi dan bukan konsumsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s