Menko Ekonomi Taiwan : Indonesia Adalah Negara Maju


Menteri Perekonomian Taiwan Shinh Yen Shiang, yang memimpin 107 delegasi bisnis ke Indonesia pada hari Kamis (30/09) di Jakarta menyatakan bahwa Indonesia adalah negara maju yang merupakan rekan dagang penting bagi Taiwan.


Bagi Taiwan, Indonesia adalah partner dagang kesepuluh terbesar. Neraca perdagangan bilateral antara Indonesia dan Taiwan dari Januari-Agustus 2010 mencapai US$ 6.6 miliar, atau meningkat sebesar 30.7% pada periode yang sama tahun lalu. Eksport Taiwan ke Indonesia mencapai US$ 2.9 miliar, atau tumbuh rata-rata sebesar 57.1%, sedangkan import Taiwan dari Indonesia mencapai US$ 3.8 miliar, atau meningkat sebesar 16.6%.

Walaupun Taiwan telah mengalami defisit dagang sebesar US$ 900 juta di Indonesia, namun menurut Menteri Shin Yen Shiang bukan hal yang memberatkan, mengingat kedua negara telah memiliki keuntungan masing-masing di beberapa industri. Indonesia sangat kompetitif untuk perdagangan minyak, gas alam, kayu lapis, dan tekstil, sementara Taiwan pada ICT, elektronik, permesinan, dan auto parts.

Terkait investasi, investasi Taiwan di Indonesia untuk bulan Maret 2010 telah mencapai US$ 14 miliar, bagi Taiwan Indonesia adalah negara investasi penting di Asia Tenggara. Saat ini, korporasi-korporasi Taiwan mempunyai pemikiran yang agak berbeda mengenai lokasi investasi, hal ini dikarenakan adanya peningkatan biaya buruh dan hubungan labor-capital yang ketat di China.

Mengikuti formasi Perdagangan-Bebas ASEAN-China yang dimulai 1 Januari 2010 dan Taiwan mengadopsi perjanjian framework kerja sama ekonomi dengan China bulan 29 Juni 2010, tealh memunculkan prospek brilian untuk peningkatan dan memperkokoh investasi serta kolaborasi ekonomi antara Indonesia dan Taiwan.

Taiwan melihat, Indonesia adalah negara yang kuat dimana saat krisis keuangan 2008 yang juga menyeret negara-negara di Asia Tenggara, terlihat bahwa Indonesia mampu melakukan pekerjaan yang bagus. Pertumbuhan rata-rata GDP Indonesia pada tahun 2008 dan 2009 adalah di urutan ke-2 di Asia Tenggara.

Banyak investor memasukkan “I” pada B-R-I-C menjadi B-R-I-I-C, dan Goldman Sachs menempatkan Indonesia sebagai anggota dari “N-11”, bahkan HSBC telah menciptakan kata baru “CIVETS” untuk enam negara berkembang paling potensial di dunia, dan sekali lagi, Indonesia adalah salah satu diantaranya. Bagi Taiwan Indonesia masih merupakan negara maju.

One thought on “Menko Ekonomi Taiwan : Indonesia Adalah Negara Maju

  1. pinter juga tu orang taiwan muji muji orang indonesia

    orang Indonesia senang sekali kalau dipuji tanpa melihat realita yang sesungguhnya,,, negara maju tidak bakal mengirim pembantu dan pekerja kasar ke luar negeri, Indonesia masih jauh bila dikatakann maju atau bahkan kemiskinan mencapai 40 juta orang itu juga tdk bisa dianggap maju

    Maklum prinsip pedagang, harus pintar mengambil hati, orang tau kalau orang Indonesia akan luluh karena pujian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s