Pelindo II Perluas Lahan Terminal Kendaraan.


PT. Pelindo II, pad atahun 2010 ini melakukan penambahan fasilitas Terminal Kendaraan (TPT, Tanjung Priok Car Terminal), meliputi perluasan lahan penumpukan serta penambahan panjang dermaga.


Hingga Desember 2010 nanti, diharapkan akan ada penambahan 2.5 hektar lahan penumpukan hingga total lahan mencapai 12 hektar. Lapangan baru ini akan digunakan untuk menumpuk unit mobil CBU (completly built up), alat berat serta suku cadang. Dengan jumlah lahan sebanyak lima lapangan saat ini, termasuk gedung dua lantai dengan total kapasitas 6.250 unit.

selain penambahan luas lahan penampungan, pihak Pelindo juga akan menambah panjang dermaga sepanjang 250 meter, untuk terminal bongkar muat kargo roll on roll (Ro-Ro)/CBU. Total dermaga nantinya akan sepanjang 425 meter dengan kedalamam air mencapai 12 meter.

Fasilitas tambahan adalah pembersih lahan penumpukan, yard sweeper sebanyak dua buah.

Menurut Kepala Unit TPT, Gunta Prabawa, proyek pengembangan ini merupakan usaha Pelindo II untuk menjadikan TPT sebagai regional car hub port di masa yang akan datang. Ditambahkan olehnya bahwa prospek TPT dimasa yang akan meningkat seiring dengan peningkatan kegiatan ekspor impor di kawasan regional. Hingga semester I 2010 ini telah terjadi peningkatan kargo bongkar muat sebesar 100 persen.

Penambahan fasilitas ini diharapkan akan memenuhi kebutuhan akan troughput ekspor sebesar 3.500 unit mobil dan 1.000 alat berat per bulan sejak Agsutsu 2010 lalu. Jumlah kapal yang melakukan pemuatan juga meningkat lima call lebih banyak sebulan. Jumlah kapal yang melakukan direct call dengan tujuan Eropa juga meningkat, sebulan mencapai 25 call dengan kapal super Ro-Ro.

RJ. Lino, Direktur Utama Pelindo II mengatakan bahwa pengembangan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pelabuhan Tanjung Priok dalam memenuhi kebutuhan pengguna jasa dan mengantisipasi kenaikan lalu lintas di pelabuhan dari ancaman stagnasi. Dalam jangka panjang, Pelindo II akan mengubah terminal general cargo domestik dan terminal peti kemas domestik menjadi terminal peti kemas internasional. Terminal peti kemas domestik akan di tambah di lokasi bekas Terminal II Jakarta International Container Terminal (JICT). Dengan demikian ,total kapasitas bongkar muat peti kemas domestik akan mencapai 600 ribu TEUs dan peti kemas internasional sebesar 650 TEUs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s