Indonesia – Thailand Perkuat Hubungan Bisnis dan Investasi.


Bidang Promosi Ekspor, Departemen Perdagangan Thailand, hari ini menggelar forum pertemuan bisnis antara pelaku bisnis Thailand dengan Indonesia di Jakarta. Acara ini selain memberikan informasi juga membahas peluang dan investasi di kedua negara.


Kepala Perwakilan Perdagangan Thailand, Dr.Suthad Setboonsarng, menyatakan bahwa perubahan ekonomi tatanan global saat ini telah mengubah orientasi bisnis pula. Bila sebelumnya AS, Eropa dan Jepang meruoakan tujuan utama ekspor Thailand, maka semenjak krisis ekonomi global, Cina dan negara-negara Asia khususnya negara berkembang telah menjadi tujuan utama ekspor Thailand. Indonesia sendiri menurutnya merupakan tujuan nomer tiga.

Ditambahkan olehnya bahwa kedua negara, baik Thailand dan Indonesia akan menghadapi tantangan dan ancaman ekonomi global yang meningkat dimasa-masa yang akan datang. Oleh karena itu, perlu sebuah kerja sama dalam memanfaatkan peluang yang ada dan mencari solusi atas pemasalahan ekonomi saat ini.

Dalam forum yang dihadiri pula oleh Mahendra Siregar, Wakil Menteri perdagangan Indonesia, memberikan pernyataan bahwa Thailand merupakan rekan bisnis yang potensial. Thailand menjadi tujuan ekspor otomotif, properti dan jasa.

Sementara Duta Besar Thailand untuk Indonesia, H.E. Thanatip Upasting menyatakan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk mendekatkan lagi hubungan antara kedua negara baik hubungan perdagangan maupun diplomatik. Secara khusus juga diharapkan akan adanya peningkatan bisnis dan investasi yang makin berkembang di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s