Indek Kepercayaan Konsumen AS Turun.



Indek kepercayaan konsumen menurun pada titik terendah dalam tujuh bulan ini terakhir pada bulan September, membelit proses pemulihan ekonomi AS.

Meski demikian, pasar perumahan nampak stabil dimana harga perumahan turun pada titik terendah tanpa bantuan kebijakan pengurangan pajak kredit perumahan yang telah berakhir April lalu.


Data terbaru lainnya menunjukkan bahwa tingkat pengangguran AS meningkat ke 9.6 percent dan tingkat kredit konsumen masih susah sehingga menghantam tingkat konsumsi konsumen AS yang akhirnya menimbulkan kekhawatiran akan krisis ganda.

Tingkat pengangguran AS tertinggi dalam 26 tahun terakhir ini, hal ini mengurangi kepercayaan konsumen. dengan dalih tersebut, The Fed diperkirakan akan semakin bersemangat memompa milyaran dolar dalam sistem pasar uang mereka untuk meningkatkan ransangan pertumbuhan ekonomi di bulan November.

The Fed memang mengisyaratkan rencana menggelontor milyaran dolar lagi jika diperlukan untuk menghindari deflasi.

Indek kepercayaan konsumen jatuh 48.5 di bulan September dari 53.2 dibulan Agustus tertekan oleh jatuhnya pasar tenaga kerja AS serta perkembangan bisnis saat ini.

Indek ini dibawah perkiraan awal yang dilakukan Reuters dimana untuk bulan September sebesar 52.5. revisi dari sebelumnya 53.5.

Bursa saham melanjutkan koreksi dengan sentimen negatif ini namun akhirnya menguat kembali setelah banyak investor melakukan aksi beli saham-saham yang sudah underperformed. (RTR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s