Khawatir Hutang Pemerintah, Euro Turun.



Euro jatuh pada penutupan perdagangan senin (27/09) waktu New York dari posisi tertingginya dalam lima bulan ini terhadap Dolar AS atas kekhawatiran masalah keuangan yang membelit negara-negara Eropa seperti Irlandia.


Pihak Anglo Irish Bank pada hari Senin menurunkan peringkat hutang Irlandia lebih rendah sehingga memberikan tekanan bagi euro. Rentang bunga obligasi 10 tahun dari Irlandia/Jerman makin melebar sehingga meningkatkan permintaan obligasi Irlandia diatas obligasi Jerman. Naiknya bunga obligasi ini menekan Euro lebih rendah lagi.

Pernyataan Presiden ECB, Jean-Claude Trichet pada hari Senin tentang pertumbuhan ekonomi Zona Euro serta inflasi hanya berdampak kecil terhadap pergerakan pasar uang namun memberikan penekanan bagi pandangan-pandangan atas perkembangan blok ekonomi tersebut.

Terhadap Dolar, Yen diperdagangkan naik ke 84.11 yen. Posisi ini adalah yang terlemah sejak intervensi otoritas Jepang pada dua minggu lalu. KOndisi perdagangan Dolar/Yen saat ini nampaknya memungkinkan akan dilakukannya intervensi lebih lanjut.

Euro sendiri masih bertengger diatas $1.3507, dimana target selanjutnya nampaknya di sekitar $1.3511, yang merupakan posisi 50 percent retracement fibonasinya dari kisaran $1.5145 pada November lalu hingga awal JUni di sekitar $1.1876.

Dimasa yang akan datang, Euro diperkirakan akan menuju kisaran $1.3630, dengan rentang perdagangan antara $1.3670-$1.3740 yang merupakan puncak-puncak dari Desember 2004, April 2007 dan Maret 2009.

Indek dollar dekati 79.188 terendah sejak Februari dari 79.385, atau turun 0.01 pct. Tembusanya indek Dolar dibawah 80 indikasi bahwa Dolar cenderung bearish, setidaknya targer terdekat ke 75.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s