Harga Emas Akan Naik $1.500 Dengan Mudah.



Barrick Gold, perusahaan penambang emas nomor satu di dunia, mengatakan pada hari Senin bahwa harga emas bisa “dengan mudah” menembus rekor harga tertinggi untuk naik di atas $ 1.500 per ons di tahun depan.


“Dari apa yang kita dengar, masih ada pembeli baru yang signifikan masuk ke pasar,” kata Jamie Sokalsky, direktur keuangan perusahaan, sebagaimana dikutip Reuters di sela-sela London Bullion Market Association.

“Saya melihat bahwa harga emas masih akan jauh menguat dari sini,” katanya, ditambahkan olehnya bahwa harga emas akan dengan mudah naik di atas $ 1.500 per ons di tahun depan”

Harga emas di pasar Spot mencapai rekor tertinggi $ 1.300 per ounce pada hari Senin. Para delegasi di pertemuan LBMA menyatakan bahwa emas masih akan naik dengan perkiraan rata-rata $ 1.406 per ounce untuk kali ini tahun depan.

Pertimbangan Sokalsky berdasarkan perbandingan antara harga emas diawal tahun 1980an dengan inflasi, sekitar $ 2.300 per ounce sehingga harga saat ini masih memiliki potensi naik.

“Mengingat semua faktor yang ada untuk mendukung emas – faktor ekonomi makro, faktor penawaran dan permintaan, ketegangan geopolitik, krisis utang yang masih membelit- saya pikir bukan masalah besar bagi emas untuk naik kembali,” katanya.

Dia mengatakan langkah beberapa perusahaan yang melakukan hedging dengan membeli emas juga memberikan andil bagi kenaikan harga emas saat ini.

Disisi lain, permintaan untuk emas telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena krisis keuangan meningkatkan daya tarik logam mulia sebagai tempat berlindung dari resiko, sementara kekhawatiran pelonggaran kuantitatif dapat merendahkan mata uang kertas telah memicu pembelian emas sebagai aset alternatif.

Sementara pasokan emas tidak menentu, meski beebrapa bank sentral telah menjual asetnya, namun tetap saja tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk melakukan hedging.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s