Suplai Rumah Menurun, Penjualan Flat.



Data dari pemeritah AS yang terbit pada Jumat (24/09) menyatakan bahwa penjualan hunian baru bagi keluarga tunggal tidak mengalami berubah, datar-datar saja, sementara suplai perumahan menurun tajam bahkan tercatat oaling rendah dalam 42 tahun terakhir ini.

Dalam laporan Departemen Perdagangan tersebut, dikatakan bahwa penjualan bulan Agustus hanya sebesar 288,000 unit saja. Tidak berubah dari tingkat penjualan bulan Juli. yang sebelumnya mengalami revisi naik sebesar 276,000 unit. Jajak pendapat analis oleh Reuter memperkirakan penjualan hunian baru ini akan meningkat sebesar 290,000 unit dibulan Agustus.

Pasar perumahan AS memang mulai stabil sehingga kebijakan pemerintah Obama dengan memberikan potongan pajak kredit perumahan semenjak April juga dicabut akhirnya. Data terhimpun pada minggu ini menunjukkan bahwa pembangunan perumahan justru meningkat dibulan terakhir.

Meskipun demikian, hasil kegiatan posistif sektor ini masih belum bisa mengalahkan sentimen negatif dari pasar tenaga kerja, dimana tingkat pengangguran AS tercatat masih tinggi sebesar 9.6 percent.(RTR/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s