Dolar Terkoreksi Oleh Data Ekonomi AS dan Eropa.


Dolar AS terkoreksi terhadap mata uang lainnya di akhir perdagangan minggu ini (24/09), disebabkan tekanan data ekonomi AS yaitu order barang-barang tahan lama (Durable goods) serta data ekonomi indek bisnis Jerman yang jauh lebih baik dari perkiraan.


Dolar sendiri terhadap Yen Jepang juga terpukul hingga pada level terendah lebih dalam pada satu minggu terakhir ini. Upaya menguat diawal perdagangan sia-sia dan akhirnya menyerah dengan berbalik arah.

PM. Jepang Naoto Kan berbicara di sidang umum PBB bahwa dia tidak mengetahu adanya intervensi di hari Jumat.

Secara mengejutkan, kenaikan indek iklim bisnis Ifo Jerman pada puncak tertinggi tiga tahun ini embuat Euro menguat tajam paska aksi jual besar-besaran di hari Kamis.

Data ekonomi AS, pesanan barang tahan lama diluar sektor pertahanan dan transportasi menunjukkan peningkatan. Hal ini mengisyaratkan akan kemungkinan The Fed melakukan kebijakan moneter yang lebih lunak untuk terus mendukung perbaikan ekonomi.

Euro akan mentest kisaran $1.35 – $1.3520 yang merupakan level retracement 50 persen dari puncaknya sebelumnya di $1.50 dibulan November serta level terendahnya di bulan Juni di $1.19.

Hal yang perlu diperhatikan pelaku pasar adalah pergerakan harga emas dan pasar saham, dimana emas mencapai $1.300 pr ounce untuk pertama kalinya dan indek S&P 500 menguat ke 1,150.

Euro meningkat 1.3 persen ke $1.3490, naik 3.3 persen sejak Senin dan menjadi kinerja mingguan terbaik sejak Mei lalu. Indek Dolar AS sendiri jatuh 79.281, terendah sejak Februari lalu.

Terhadap Yen, Dolar jatuh 0.2 percent ke 84.18. sempat mencapai 84.12 yen, yang merupakan level terendah sejak 15 September ketika otoritas Jepang melakukan intervensi untuk menjual Yen mereka dipasar uang.

Meski demikian, dipasar Asia, Dolar menguat secara tiba-tiba ke 85.38 yen dari 84.55, banyak isu berkembang bahwa otoritas Jepang kembali melakukan intervensi, yang disangkal oleh PM. Kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s