Belanja Bisnis Naik, Wall Street Terus Menguat.


Bursa saham menguat, mencetak kenaikan mingguan secara beruntun dalam empat minggu terakhir. Data ekonomi AS yang menunjukkan peningkatan belamja bisnis menjadi penggerak investor melakukan aksi beli setelah tiga hari perdagangan terkoreksi.


Data ekonomi yang diterbitkan Jumat (24/09) memang memberikan gambaran yang beragam, namun demikian para pialang melihat kenaikan belanja bisnis sepanjang bulan Agustus sebagai sinyal perbaikan kondisi ekonomi.

Pada bulan lalu, investor dibayang-bayangi ketakutan akan kemungkinan terjerembabnya AS dalam resesi ganda diiringi dengan inflasi besar-besaran. Namun semenjak ini memudar, kekhawatiran berganti dengan optimisme baru.

Aksi beli terhadap hampir semua sektor perdagangan, bahkan dalam perbandingan hanya satu saham yang terkoreksi dari lima saham yang naik di lantai bursa New York Stock Exchange, di Nasdaq, satu saham turun berbanding empat saham naik.

Sepanjang September, yang umumnya merupakan bulan koreksi dalam sejarah perdagangan bursa, Indek S&P 500 justru naik 9.5 percent. Para investor menyatakan bahwa kebutuhan uang dari kalangan manajer mendorong akhir kinerja kuartal ini dengan maraknya aksi beli.

Mengikuti kecenderungan saat ini, Volume perdagangan juga tipis, hanya 7.55 milyar lembar saham yang ditransaksikan di NYSE, Amex dan Nasdaq, jauh dibawah rata-rata harian tahun lalu yang mencapai 9.65 milyar lembar saham. Volume kecil ini mengindikasikan bahwa pemain ritel dari luar negeri tidak ikut terlibat dalam kenaikan saat ini.

Data pemerintah AS menyatakan bahwa belanja modal diluar sektor pertahanan meningkat lebih dari 4 persen untuk bulan Agustus, dua kali lipat banyaknya dibanding perkiraan sebelumnya. Tingkat belanja ini identik dengan belanja bisnis.

Indek Dow Jones naik 197.84 points, atau 1.86 percent, ke 10,860.26. Indek Standard & Poor’s 500 naik 23.82 points, atau 2.12 percent, ke 1,148.65. Indek Nasdaq naik 54.14 points, atau 2.33 percent, ke 2,381.22. Dalam pekan ini, indek Dow Jones naik 2.4 percent, Indek S&P naik 2.1 percent dan indek Nasdaq naik 2.8 percent.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s