Yuan; Jadi Pembicaraan Obama – Jiabao



Presiden Barack Obama mengatakan kepada Perdana Menteri Cina Wen Jiabao pada Kamis (23/09) bawha kedua negara tersebut harus bekerja sama untuk pertumbuhan ekonomi yang seimbang di tengah ketegangan antar kedua negara dalam masalah mata uang dan perdagangan.


Kedua pemimpin tersebut melakukan pembicaraan di sela-sela acara sidang tahunan Majelis Umum PBB di New York. Disaat yang sama ada tekanan dari anggota parlemen AS yang ingin bertindak tegas pada pemerintahan Obama untuk menghukum Cina dalam menjaga mata uangnya yang secara artifisial untuk lebih rendah dari Dolar.

Obama yang memanggil Wen sebagai mitra yang luar biasa, mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Cina mempunyai lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang seimbang baik sebagaimana yang diinginkan. Tetapi Obama sendiri tidak menyinggung isu mata uang dalam pidato awal bagi para wartawan, menjelang pertemuan tertutup.

“Disaat ekonomi dunia sekarang tumbuh lagi, saya pikir ini akan sangat penting bagi kita untuk berdiskusi secara terus terang … mengenai kerja sama dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih seimbang dan berkelanjutan yang begitu penting,” kata Obama .

Wen mengatakan kepada Obama bahwa dia yakin semua perbedaan antara Amerika Serikat dan Cina dapat diselesaikan melalui percakapan dan dialog dan yang konstruktif.

Sebelumnya, pada hari Rabu, Wen telah menyatakan terlebih dahulu bahwa kebijakan China secara tegas menolak adanya kaitan antara tingkat yuan China, atau renminbi, dengan defisit perdagangan AS dan Cina yang setiap tahun melebihi $ 200 miliar.

“Alasan utama defisit perdagangan AS dengan China adalah bukan pada nilai tukar renminbi, tetapi pada struktur perdagangan dan investasi antara kedua negara,” katanya dalam pidato kepada para eksekutif AS dan pakar Cina di New York.(RTR/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s