Timothy Geithner : Perbankan AS Harus Bisa Penuhi Aturan Modal Baru



Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner menyatakan pada rabu (22/09) bahwa perbankan AS dapat memenuhi aturan kenaikan modal baru melalui proyeksi keuntungan mereka dimasa yang akan datang. Hal ini dilakukan agar tidak mengurangi arus kredit yang mereka salurkan sehingga merintangi proses pemulihan ekonomi AS.


Awal bulan ini, pihak regulator dari 27 negara telah setuju untuk meningkatkan modal kerja perbankan sehingga bisa menahan kejutan keuangan dan penurunan ekonomi di masa yang akan datang. Berdasarkan proposal tersebut, peraturan itu akan dilakukan secara bertahap dan berlaku sepenuhnya pada 2019 nanti.

Berbicara didepan Komite Jasa Keuangan DPR AS, Geithner manambahka bahwa sangat penting untuk dicatat bahwa karena kita bergerak begitu cepat dengan tes bank stress pada awal 2009 yang memaksa perbankan AS untuk meningkatkan lebih umum ekuitasnya, Sistem keuangan dalam kondisi yang sangat kuat secara internasional untuk melakukan penyesuaian atas peraturan global tersebut.

“Hal yang paling penting adalah perbankan AS harus bisa memenuhi regulasi baru tersebut melalui proyeksi keuntungan mereka dimasa yang akan datang, dimana hal ini akan membantu untuk melindungi proses perbaikan ekonomi yang tengah berlangsung saat ini” demikiam tambahnya.

Geithner berpendapat bahwa standar-standar modal baru ini akan membantu menciptakan sistem keuangan yang lebih stabil dan akan membantu menghindari pengulangan krisis keuangan 2007-2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s