Prospek Ekonomi AS Memburuk; The Fed.



Hasil pertemuan dewan gubernur bank sentral AS untuk pasar terbuka, atau yang dikenal dengan FOMC pada 10 Agustus lalu diterbitkan untuk publik hari ini. (31/08). Hasil pertemuan tersebut menyatakan bahwa prospek perekonomian AS memang memburuk sehingga perlu dukungan The Fed untuk memacu kembali pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Komisi bank sentral tersebut akan mempertimbangkan serangkaian langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memberikan rangsangan bagi kebijakan leboh lanjut.


The Fed setuju untuk kembali menginvestasikan dana kedalam sekuritas terkait hipotek yang jatuh tempo serta utang jangka panjang pemerintah AS guna menyeimbangkan penggunaan dana $2 trilyun dan menjaga agar dukungan bagi pertumbuhan ekonomi tetap berjalan.

Hasil pertemuan menyetujui untuk emmbeli obligasi negara, meski mereka juga membuka kesempatan bagi pilihan -pilihan lainnya. Pilihan melakukan investasi kembali ke aset sekuritas berbasis kredit rumah, Morgage Backed Securities, nampaknya menjadi pilihan utama, terlebih bila tidak ada perubahan yang sinifikan saat ini.

Sebelumnya, The Fed telah menghentikan program pembelian MBS ini pada akhir Maret lalu, setelah akumulasi pembelian mencapai $1.4 trilyun. selain itu, The Fed juga telah membelanjakan tak kurang sebesar $300 milyar dolar pada obligasi jangka panjang.

Pasar merespon bergeming saat dilansir hasil pertemuan tersebut. Sementara Dolar masih menurun melawan yen Jepang dan Euro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s