Bursa Dunia Terkoreksi, Yen Makin Menguat.



Bursa utama dunia mengakhiri perdagangan diawal minggu ini dalam kondisi terkoreksi, akibatnya aksi safe haven yang dilakukan investor makin mendongkrak naiknya Yen, terlebih dengan kebijakan BOJ.


Lankah BOJ yang terkesan membiarkan penguatan Yen telah mengecewakan investor. Disaat yang sama, bursa dunia terkoreksi oleh jatuhnya Wall street yang makin tidak menentu dengan kondisi ekonomi AS saat ini. Kekhawatiran investor yang menjadi-jadi ini membuat mereka melakukan safe haven akhirnya.

Yen menapaki puncak tertingginya terhadap Dolar dan Euro setelah Governor bank sentral Masaaki Shirakawa menyatakan hasil pertemuannya dengan PM Naoto Kan bahwa Kan tidak meminta hal khsusus bagi kebijakan moneter bank sentral saat ini.

Hingga penutupan perdagangan waktu New York, dollar jatuh 0.77 percent terhadap Yen ke 84.53 yen, membuat indek Dolar jatuh 0.29 percent terhadap mata uang lainnya. Euro sendiri jatuh 0.78 percent terhadap Dolar ke $1.2662.

Dalam perdagangan komoditi, harga minyak mentah jatuh 63 cents, atau 0.63 percent, ke $74.70 per barrel. sementara harga emas naik 55 cents, atau 0.04 percent, ke $1236.70.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s