Album The Best; Bukti Eksistensi Rossa


Umumnya, setelah album ke empat atau lima, artis atau musisi biasanya akan mengeluarkan album the best. Berisikan karya-karya yang terbaik sepanjang dia berkarier. Mengitu lazimnya industri musik, Rossa ( nama asli Siti Rossa Roslaina Handiyani) kelahiran Sumedang 9 Oktober 1978 akhirnya melepas album the best pada 30 Agustus 2010.


Album yang diberi nama “Harmoni:Jalinan Nada & Cerita” adalah bukti eksistensi Rossa selama bermusik. Suaranya yang bening menjadi modal kuat atas lagu-lagunya yang banyak di pakai sebagai musik pengiring bagi film dan sinetron Tanah Air.

Rossa sendiri mengakui bahwa memilih lagu-lagu yang akan dimasukkan dalam album The Best adalah bukan pekerjaan yang mudah. Akhirnya dipilihlah lagu-lagu yang pernah menjadi soundtrack musik pada Film atau sinetron dengan pertimbangan lagu-lagu tersebut tentu sudah dikenal masyarakat luas, selain secara teknis lagu yang diguanakan umumnya memang memiliki kualitas artistik yang baik.

Album Harmoni : Jalinnan Nada & Cerita, di terbitkan Trinity Optima Production yang juga menjadi penerbit Band Ungu. Tak heran apabila di album ini ada karya Enda yang merupakan Gitarsi Band Ungu. Lagu berjudul Hati Yang kau Sakiti, diterbitkan tahun lalu juga telah di pakai menjadi musik pengiring sinteron di RCTI, sementara single pertama album ini ” Memeluk Bulan” juga diciptakan oleh Enda.

Selain Single Memeluk Bulan, album ini berisi 14 lagu dimana 3 lagu merupakan lagu baru dan sisanya lagu lama Rossa yang pernah tenar tanpa mengubah aransemennya. lagu-lagu dalam albumnya adalah Memeluk Bulan (Enda Ungu), Jagad Khayalku (Titi DJ), Ku Menunggu (Mery LC), Tegar (melly Goeslaw), Terlanjur Cinta feat Pasha Ungu (Yoyo PADI), Takkan Berpaling Dari Mu (Aji Mirza Hakim), Malam Pertama (Melly Goeslaw), Aku Bukan Untukkmu (Aji Mirza Hakim), Hati yang Terpilih (Melly Goeslow), Atas Nama Cinta (Melly Goeslow), Hati Yang Kau Sakiti (Enda UNGU), Pudar (Hendra Nurcahya) , Ayat-Ayat Cinta (Melly Goeslow) dan Hey Ladies (Melly Goeslaw).

Bila dilihat, banyak karya karya Melly dalam karir Rossa semenjak 1999 saat Rossa menyanyikan Tegar. Lagu yang sedianya buat Dewi Sandra ini, akhirnya menjadi kunci pembuka kesuksesan Rossa setelah memulai debut dengan lagu Nada-Nada Cinta (1996) yang digawangi Yongki Soewarno. Bago Rossa, lagu-lagu karya Melly memang cepat klik dengan karakter vokalnya.

Menurut Melly, Rossa tahu bagaimana melakukan penjiwaan dengan baik untuk lagu-lagu ciptaan saya, juga waktu menyanyikan lagu-lagu pencipta lain. Hal ini menunjukkan profesionalitas dan Jam Terbang Rossa. Karir Rossa cukup panjang, imbuhnya.

Setelah tahun lalu berkolaborasi dalam Hati Yang Kau Sakiti, kembali Enda UNGu diminta untuk membaut sebuah lagu, yang akhirnya di aransmenen oleh Antor Hoed. Untuk Video Klip lagu ini digarap oleh Abimael Gandy. Lagu yang diilhami dari sebuah film tersebut memberikan perumpamaan bahwa cinta tak sampai itu ibarat seperti memeluk bulan. Sebuah kisah cinta yang tidak berakhir bahagia.

Lagu baru lainnya adalag Jagad Khayalku, dicipatakn oleh Titi DJ. Menurutnya, menulis lagu buat Rossa adalah mudah mengingat saya tahu karakter vokal dan kemampuan menyanyinya. jagad Khayalku berkarakter lembut, sesuai dengan corak Rossa selama ini dan aransemen musiknay di tangani oleh Andi Rianto. Lagu baru ketiga adalag Ku Menunggu, karya Mery LC yang aransemen musiknya oleh Andre Dinuth.

Karir Rosa diawali tahun 1996, meallui album Nada-Nada Cinta yang digarap Youngky Soewarno. telah menggelar konser di Jakarta, Singapura dan Kuala Lumpur. Meraih penghargaan Penyanyi Wanita Terbaik MTV Award 2008 untuk lagu Tegar. Penyanyi Solo Wanita Terbaik Anugerah Musik Indonesia (2001,2002,2005 dan 2006), Penyanyi Wanita Terpopuler SCTV Music Award (2008 dan 2010) dan Penyanyi Wanita Terbaik Anugerah Industri Muzik Indonesia (2008 dan 2009).

One thought on “Album The Best; Bukti Eksistensi Rossa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s