Bernanke; Pemulihan Ekonomi AS Memang Melemah.


Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke pada Jumat (27/08) mengakui bahwa pemulihan ekonomi saat ini memang mengalami pelemahan lebih dari yang diperkirakan The Fed sebelumnya. Meskipun demikian ditambahkan olehnya bahwa The Fed siap melakukan kebijakan yang jika diperlukan akan dijalankan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi saat ini.


Bernanke sendiri menampik kegelisahan bahwa perekonomian AS mungkin akan terselip pada resesi ganda yang lebih dalam. Hal ii ditegaskan dengan melihat perkembangan ekonomi semester kedua tahun ini yang diperkirakan akan naik pada 2011.

Namun demikian, The Fed juga siap bersedia menghadapi kemungkinan tersebut. Ditambahkan olehnya bahwa jika perkiraan tersebt memang cukup kuat dan terjadi maka the Fed telah siap dengan segala amunis yangdiperlukan untuk mengkontrol pertumbuhan dengan mekanisme membeli lebih banyak lagi hutang pemerintah atau menjanjikan suku bunga yang akan lebih rendah lagi dalam periode yang lebih panjang dari saat ini yang bisa diperkirakan pasar.

Bernanke memberikan pidatonya dalam pertemuan bankir dunia di Jackson Hole,Wyoming. Jelasnya, The Fed memang belum memutuskan langkah apa yang akan ditempuh dalam kondisi saat ini.

Pasar saham sempat merespon negatif pernyataan Bernanke, dengan jatuh sesaat setelah pernyataan tersebut. Namun faktor teknikal yang membuat aksi beli marak kembali hingga membuat tiga bursa utama ditutup naik 1.7 persen. Dolar sendiri hanya berubah sedikit menyikapi pernyataan Bernanke dan harga obligasi menurun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s