Yen Melonjak, Dolar Terpukul.


Kembali, data ekonomi AS mujarab memukul Dolar hingga tersungkur pada level terendah sepanjang 15 tahun ini terhadap Yen. Kondisi yang demikian ini, memunculkan spekulasi kemungkinan intervensi otoritas Jepang terhadap penguatan Yen yang tajam.


Naiknya Yen juga memicu aksi jual Euro /Yen di level 107 yen setelah Yen menguat hingga ke puncak tertinggi dalam sembilan tahun ini terhadap Euro.

Menguatnya Yen juga pengaruh laporan dari harian Nikkei yang menyatakan bahwa Bank of Japan diperkirakan akan melakukan langkah-langkah untuk menekan laju Yen, jika spekulan melakukan tekanan maka BOJ diperkirakan akan melakukan aksi jualnya.

Menteri Keuangan Jepang, Yoshihiko Noda enggan berkomentar mengenai kemungkinan intervensi tersebut. Para pialang menilai
sikapnay sebagai belum siapnya intervensi saat ini.

Dolar diperdagangkan menurun 1.1 percent terhadap Yen ke 84.18 yen sempat jatuh hingga 83.61, level terendah dalam 15 tahun ini.

Euro menurun 105.45 yen dimana diperkirakan masih mampu menembus 105.00 yen, yang merupakan level terendah sejak September 2001. Euro menguat terhadap Dolar AS sebesar 0.1 percent ke $1.2671 sempat naik ke $1.2718.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s