Prihatin Ekonomi Global, Dolar Menguat.



Kondisi ekonomi global yang memprihatinkan ditambah dengan anjloknya bursa-bursa saham dunia membuat keprihatinan dan kekhawatiran investor, dimana akhirnya mereka lebih memilih Dolar untuk mengamankan investasinya.


Langkah investor, dengan melakukan safe haven tersebut membuat Dolar menguat terhadap mata uang besar lainnya. Euro dibuat terperosok hingga mendekati harga terendah dalam lima minggu terakhri di $1.2660. Pernyataan dari salah satu pejabat Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa, bahwa ECB semestinya memperpanjang kebijakan fiskal yang lebih longgar, menambah kekhawatiran pasar akan melemahnya kondisi ekonomi zona Euro.

Para investor juga menarik investasi di pasar saham dan komoditi ke investasi obligasi, seiring dengan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi domestik AS di kuartal kedua akan menyeret ekonomi global dalam kesulitan baru.

Hingga penutupan pasar New York, indek Dolar naik 0.7 persen ke 83.051, sempat menyentuh 83.304 yang merupakan posisi tertinggi dalam bulan ini.

Euro ditutup menurun 0.9 persen ke $1.2707, tidak jauh dari level terendah perdagangan hari ini di $1.2664, yang merupakan posisi terlemah sejak pertengahan Juli ini.

Euro secara teknis mendapatkan momentum jualnay setelah menyentuh $1.2730 yang memicu stop loss. Beberapa pihak sebagaimana dikutip Reuters menyataka bahwa bank sentral ikut andil dalam melakukan penjualan Euro. Retrasement Fibonaci 23.6 persen pada kisaran $1.2646 akan menjadi momentum pasar, dari kisaran perdagangan November 2009 hingga Juni 2010 ini.

Dolar menguat 0.4 percent terhadap Yen ke 85.66 yen, dibantu spekulasi bahwa pemerintah Jepang mungkin akan melakukan intervensi atas menguatnya Yen saat ini. Langkah investor melakukan Risk aversion menahan laju kenaikan dollar atas Yen.

Dolar Australia terkoreksi pada level terendah menjelang pemilu Sabtu ini dikisaran perdagangan 0.8924.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s