Harga Emas Turun Oleh Naiknya Dolar AS



Setelah rally panjang, harga emas terkoreksi seiring dengan naiknya nilai Dolar AS sehingga investor menemukan momentum untuk mengkunci keuntungan alam lima pekan ini. Harga Emas naikn lebih dari 1 persen sepanjang minggu ini, menjadi pekan penuh kenaikan untuk pertama kalinya dalam tiga minggu terakhir sejak Juni.


Harga emas Spot di $1,227.45 per ounce pada 4:17 (21/08) terkoreksi dari $1,230.10 pada penutupan Kamis. Sementara untuk kontrak berjangka bulan Desember menurun $6.60 ke $1,228.80.

Kedepannya, investor nampaknya masih akan memilih emas sebagai salah satu tujuan investasi ditengah kondisi ekonomi global yang memprihatinkan. Meskipun harga emas secara relatif diarea tinggi, namun langkah safe haven investor akan mendorong kenaikan lebih lanjut.

Secara tradisonal, kenaikan Dolar akan berimbas dengan menurunnya Emas dan berbanding lurus dengan pergerakan Euro. Dalam pantaun 25 hari, korelasi antara emas dan Dolar mengalami penurunan grafik hingga hanya di titik 0.2 dibanding awal agustus yang sempat menyentuh titik 0.9.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s