Pengangguran AS Makin Tinggi, Aktifitas Bisnis Jeblok Akhirnya.


Perekonomian AS makin buram dalam kondisi tidak menentu setelah data ekonomi AS pada Kamis (19/08) menunjukkan kenaikan klaim pengangguran pada angka tertinnggi dalam sembilan bulan ini. Data aktifitas bisnis menunjukkan kontraksi di bulan Agustus ini, pertama kalinya dalam setahun terakhir.


Pasar uang langsung guncang dan bursa saham panik dimana banyak investor yang akhirnya menjual sahamnya serta beralih ke aset yang lebih aman, safe haven.

Klaim awal pengangguran meningkat 12,000 dari angka 500,000 minggu lalu, tertinggi sejak pertengahan November lalu demikian data yang diterbitkan departemen Tenaga kerja AS.Pasar sendiri hanya memperkirakan jumlah klaim akan jatuh 476,000.

Dipihak lain, Bank Sentral wilayah Philadelphia menerbitkan indek aktifitas bisnis wilayah Atlantik Tengah mengalami minus 7.7, untuk pertama kaliya sejak Juli 2009, dimana pesanan baru untuk pengiriman barang menggunakan kapal mengalami penurunan serta situasi pasar tenaga kerja juga menurun.

Indek aktifitas bisnis sebelumnya pada 5.1 dibulan Juli. Pasar sendiri berharap bisa naik hingga 7.0. Angka indek ini menunjukkan kontraksi secara umum pada aktifitas pabrikan dimana menjadi penentu proses perbaikan ekonomi AS saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s