Klaim Pengangguran AS Meningkat, Emas Makin Melambung.


Meningkatnya klaim pengangguran AS menambah ketidakpastian ekonomi di negara tersebut, akibatnya investor makin ketakutan dan melarikan investasinya ke bentuk yang lebih aman (safe haven), misalnya emas.


Harga emas juga akan makin meningkat dengan peluang naiknya permintaan akan fisik emas menjelang datangnya musim kawin bulan Agustus di India, sebagai negara konsumen besar perhiasan emas dunia.

Meskipun investor sempat melakukan aksi ambil untung demi menutup kerugian di pasar saham, namun tetap saja harga emas bertengger diarea tertinggi terlebih dengan data ekonomi AS yang diterbitkan Kamis (19/08) bahwa ada kenaikan klaim pengangguran disana.

Harga komoditi Perak dan Platinum terimbas negatif oleh data kenaikan klaim yang tertinggi dalam sembilan bulan ini, terlebih dengan data susulan dari Bank Sentral wilayah Philadelphia yang menyatakan adanya kontraksi aktifitas pabrikan diwilayah tersebut.

Indikasi bahwa pasar agak ragu-ragu dengan kenaikan lebih lanjut terlihat dari volume perdagangan yang tidak besar. Dengan demikian, aksi beli yang dilakukan investor cenderun bersifat teknis. Kepanikan langsung melanda pasar saat data-data ekonomi AS memburuk

Harga emas di pasaran Spot di $1,232.15 per ounce pada tengah malam pukul 12:44 p.m. EDT, berbanding $1,227.55 dipenutupan perdagangan waktu New York sebelumnya. Sementara harga emas berjangka untuk kontrak Desember mengalami kenaikan $2.70 menjadi $1,234.10.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s