Dolar vs Yen,Terendah Dalam 15 Tahun.


Dolar pada posisi terendah dalam 15 tahun terhadap Yen Jepang paska data ekonomi AS hingga mendorong aksi risk aversion. Data ekonomi terbaru AS menunjukkan kenaikan jumlah klaim pengangguran pada angka tertinggi dalam sembilan bulan ini sementara data aktifitas bisnis di Atlantik Tengah menujukkan kontraksi untuk pertama kalinya dalam satu tahun terakhir ini. Hal ini mengisyaratkan proses perbaikan ekonomi AS masih sangat rentan.


Akibatnya, investor panik dan kembali melakukan risk aversion atas aset-aset beresiko kepada yang lebih aman misalnya Obligasi, Emas, Yen dan Frank Swiss.

Terhadap Yen, Dolar jatuh pada harag terendah dalam 15 tahun terakhir di 84.72 yen. Sebagaimana diketahui, bahwa dollar/yen memiliki korelasi tinggi terhadap yield obligasi baik AS dan Jepang, yang saat ini makin lama makin sempit jaraknya.

Atas kemungkinan intervensi BOJ, akhirnya sebagian investor melakukan aksi beli kembali dan membuat Dolar bertahan diatas 85.00 yen.

Terhadap Frank Swiss, Dolar naik 0.1 percent ke 1.0323 frank. Euro jatuh 0.1 percent ke $1.2807 setelah sempat di $1.2772. Euro sendiri jatuh 0.3 percent terhadap Yen, 109.16 yen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s