Safe Haven, Dorong Emas Naik.


Harga Emas meningkat pada posisi tertinggi dalam satu setengah bulan terakhir atas kekahwatiran kondisi ekonomi global yang mendorong investor melakukan safe haven.


Data ekonomi terbaru yang diterbitkan pemerintah Jepang yang menyatakan pertumbuhan ekonomi negara tersebut hanya sebesar 0.1 persen pada kuartal kedua ini. Hal ini membuat Dolar melemah, dan Emas naik.

Harga emas kembali berbanding terbaik dengan pergerakan Dolar dan berbanding lurus dengan Euro. Dibandingkan awal Agustus lalu, indek hubungan antara Dolar dan Emas menurun dari 0.8 menjadi 0.2 pada perdagangan awal minggu ini.

Selama ini korelasi diantara keduanya memang meningkat seiring dengan kondisi ekonomi global yang mengkhawatirkan, dalam posisi mereka sebagai aset untuk safe haven. Meskipun demikian sejalan dengan lingkungan suku bunga yang rendah saat ini, mau tidak mau Emas memiliki daya tarik yang lebih baik.

Faktor lain yang menopang kenaikan emas adalah meningkatnya permintaan akan emas secara fisik di bulan Agustus di India, menjelang datangnya musim menikah disana.Dilain pihak, banyak pedagang yang juga akan melakukan penyimpanan hingga akhir tahun nanti.

Harga emas Spot naik $1,224.75 per ounce pada 3:05 pagi EDT (2005 GMT) dari $1,214.50 diakhir penutupan Jumat waktu New York. Sempat naik hingga $1,227.15 tertinggi sejak 1 Juli. Harga emas batangan bertahan di sekitar $1,264. Sementara harga kontrak berjangka emas untuk bulan Desember naik $9.60 ke $1,226.20 per ounce. (RTR/HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s