Dolar Jatuh, Yen dan Frank Rally.



Dolar terdepresiasi terhadap mata uang besar lainnya atas sentimen negatif dari data ekonomi Jepang.


Data pertumbuhan ekonomi Jepang yang hanya 0.1 persen membuat pasar khawatir akan kondisi pertumbuhan ekonomi global. Akibatnya para pialang memandang rally dolar beberapa waktu sebelumnya dianggap terlalu cepat dan perlu dilambatkan.

Minggu lalu, akibat risk aversion yang dilakukan investor, Dolar sempat naik 3 persen, namun data ekonomi Jepang akhirnya menghentikan laju kenaikan lebih lanjut.

Para investor melihat pula data ekonomi AS yang juga memburuk di minggu lalu, akibatnya posisi dolar sebagai safe haven, tidak menarik dan investor berpaling ke Yen Jepang dan Frank Swiss. Khusus untuk Yen, pasar masih belum yakin sepenuhnya kenaikan ini dimana perdagangan dollar/yen masih diabwah 85.50, mengisyaratkan kemungkinan resiko lebih lanjut.

Indek Dolar menurun 0.6 percent ke 82.477 minggu lalu naik 3.13 percent yang merupakan rally terbesar dalam sepekan didua tahun terakhir.

Euro sendiri menguat terhadap Dolar, setelah jatuh hampir 4 percent minggu lalu. terbesar kejatuhan dalam sepekan sejak 9 Mei. Euro kembali ke $1.2815, naik 0.5 percent, target jatuhnya Euro selanjutnya di $1.2600, yang merupakan koreksi 50 percent secara retracement sepanjang Juni hingga harga puncak Agustus sementara support terdekat di 1.2730-40.

Terhadap Yen Jepang, dollar jatuh 1 percent ke 85.32 yen dimana investor masih ingin melakukan penjualan lagi.

Sementara terhadap Frank Swiss, dolar jatuh 1.1 percent ke 1.0395. Dari perdagangan mata uang silang, euro jatuh 0.6 percent ke 1.3325 frank.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s