Pasar Kerja AS Membaik, Euro dan Sterling Jatuh.


Dolar menguat kembali dari level terendah dalam 8 bulan terakhir terhadap Yen setelah data terbaru menunjukkan kenaikan angka tenaga kerja.


Pemerintah AS menerbitkan data yang menunjukkan adanya 42,000 lowongan kerja meskipun bagi para pialang tetap memerlukan lebih banyak sentimen positif untuk membuat Dolar AS berbalik menguat. Sepanjang Juli saja, Dolar terjatuh hingga 6 persen.

Pasar masih memilih menjual Dolar dan kenaikan ini diyakini hanya sementara namun tidak mengubah trend utama. Pertumbuhan ekonomi AS yang berjalan lambat menjadi alasan kuat bagi investor untuk tetap menjual Dolar dan menunggu saat yang tepat lagi untuk melakukannya.

Dolar naik 0.6 percent ke 86.23 yen meski sempat jatuh 85.33 yen, angka terendah sebelumnya di 84.81 yen yang merupakan level terendah dalam 15 tahun

Euro sendiri jatuh 0.6 percent ke $1.3142, setelah naik ke $1.3261. Data ekonomi terbaru menunjukkan bahwa sektro jasa AS tumbuh lebih tinggi dari perkiraan pasar dibulan Juli, hal ini yang juga membantu kenaikan Dolar lebih lanjut.

Dolar AS menguat 1.4 percent ke 1.0540 terhadap Frank Swiss dan Sterling jatuh 0.5 percent ke $1.5865.

Data ekonomi selanjutnya yang akan menjadi perhatian pasar adalah data Payroll AS dan klaim pengangguran. Indikasi awal menunjukkan adanya kenaikan payroll serta kenaikan di lapangan kerja.

Jika demikian, mungkin Dolar akan bertahan dan mampu menguat kembali. Spekulasi terhadap Bank Sentral AS yang diperkirakan akan kembali melakukan pembelian surat hutang dan obligasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, akan menghalangi kenaikan dolar tersebut.

(Sumer Reuters. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s