Jadikan Aktifitas Lebih Berarti Buat Yang Lain.


Dalam 24 jam umumnya 8 jam atau kurang digunakan untuk beristirahat, sisanya 16 jam digunakan untuk beraktifitas. Terkadang, 16 jam tersebut masih kurang rasanya Runtutan aktivitas tentu melelahkan, namun yang lebih penting apakah 16 jam yang sudah dilakukan berarti bagi dirinya? Membawa kebaikan untuk orang di sekitarnya? Memberikan kontribusi bagi kemajuan tempatnya bekerja? Banyak orang akan berpikir ulang untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut.

16 Jam di luar waktu tidur yang dimiliki oleh manusia, kini terlihat semakin aktif dan mau tak mau bertambah jumlahnya. Terbukti bagi artis cantik Rianti Cartwright, dalam aktivitasnya yang semakin padat, Rianti seakan tidak pernah diam. ” Saya terbiasa bangun pagi jam 06.00 WIB, karena tak lama setelah itu saya harus memulai aktivitas saya. Dari jam 10.00 WIB, saya keluar rumah, kemudian seharian sibuk syuting untuk film yang tengah kejar tayang, talkshow Beauty and Azis, hingga menjadi juri di Indonesia Mencari Bakat. Dengan padatnya aktivitas itu, biasanya jam 00.00 WIB saya baru bisa kembali ke rumah. Terkadang saya lelah dan jenuh juga menghadapi rutinitas semacam itu,” cerita Rianti membuka acara dalam sebuah peluncuran minuman nutrisi di Jakarta (4/8) tersebut.

Ya, kini rutinitas manusia semakin sibuk dan aktif saja. Seakan berpacu dengan waktu. Namun mayoritas menghabiskan waktunya tanpa menghasilkan makna bagi dirinya maupun bagi orang lain di sekitarnya. Menyikapi hal ini, Rene Suhardono, seorang career coach yang saat ini sibuk menghabiskan waktunya untuk menularkan passion kepada orang lain mengatakan,”Kebanyakan manusia selalu menyalahkan waktu dan keterbatasan stamina fisik ketika tidak berhasil menemukan makna dari aktivitas yang dia lakukan sehari- hari. Padahal waktu dalam satu hari yang dijalani tidak dapat diulang dan sangat berharga.”

Senada dengan Rene, hasil survey singkat menyatakan bahwa memang orang menjalani hidup sesuai rutinitas, aktivitas yang super padat dengan waktu yang terbatas. Dan saking sibuknya manusia kini, mereka tidak menyadari bahwa ada 16 jam aktif yang sebenarnya harus diisi dengan sesuatu yang meaningful. Siapa pun Anda, apa pun pekerjaan Anda, berbuat sesuatu yang berarti adalah keharusan. ” Aspek terpenting untuk menggunakan 16 jam aktif Anda dengan penuh arti adalah bagaimana Anda dapat mengelola waktu. Namun, mengelola waktu dengan baik merupakan kendala banyak orang. Terkadang orang menyalahkan waktu yang terlalu sempit ataupun pekerjaan yang terlalu banyak yang menyebabkan mereka tidak bisa menciptakan makna di jam aktifnya,” Rene menjelaskan.

”Memahami bahwa setiap jam dalam waktu itu amat berharga, tidak bisa diulang serta mengenal betul passion dan mission diri sendiri adalah hal yang dapat membantu kita mengelola waktu dengan baik, setelahnya baru berpikir what are you going to do untuk menciptakan makna dari aktivitas yang kita kerjakan di 16 jam aktif kita itu,” lanjut Rene. Kini kebanyakan 16 jam aktif manusia digunakan dengan habis untuk berpikir, apa yang harus aku lakukan hari ini bukan melakukan sesuatu yang meaningful.

Dengan me- manage waktu, manusia akan menciptakan makna dan kualitas dalam hidupnya. Namun untuk menghasilkan 16 jam aktif yang berkualitas, Vitalitas juga menjadi sesuatu yang sangat penting. ” Untuk menunjang Vitalitas di 16 jam kita yang super aktif tentunya manusia harus menutrisi tubuhnya dengan makanan yang lengkap. Dengan nutrisi yang lengkap itulah, manusia dapat maksimal menjalankan harinya. Ketika dia lelah, nutrisi kurang, maka itu akan menyerang fisiknya sehingga tidak mampu beraktifitas, jangankan memberikan arti bagi orang lain, mengerjakan sesuatu untuk dirinya pun akan terbatas,” Dr. Ida Gunawan, MS SpGK menjelaskan.

Namun kembali kepada hasil survey yang telah dilakukan, kebanyakan orang menyadari bahwa nutrisi ini merupakan hal penting agar mereka dapat menjalani aktivitasnya dengan baik, tetapi hampir seluruhnya mengatakan hampir tidak mungkin memenuhi kebutuhan nutrisi yang seabrek itu. Pasalnya di tengah aktivitas yang padat dan serba sibuk, kebanyakan makan hanya untuk mengenyangkan perutnya saja, tak ada lagi waktu memikirkan apa yang sebaiknya dimakan. Terutama untuk karyawan yang banyak menghabiskan waktu di kantor, membuat apa yang dimakan terpaksa yang itu- itu saja.
”Protein, Karbohidrat, Lemak, Mineral, Vitamin dan Serat merupakan faktor utama yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dapat tetap aktif beraktifitas. Bila kekurangan satu atau lebih dari yang telah disebutkan di atas mengakibatkan orang mengalami kekurangan gizi, dan akibatnya tidak dapat beraktifitas maksimal. Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, diperlukan makanan yang lengkap pula. Bila tidak memungkinkan, diperlukan asupan tambahan. Yang penting semua elemen nutrisi tersebut harus terpenuhi,” jelas Dr. Ida kemudian.

Salah satu minuman nutrisi yang dianggap bisa menunjang aktifitas tersebut adalah FitActive. Dari produsen Orang Tua, yang mengandung 16 nutrisi ekspress untuk melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Dalam satu botol FitActive, bisa didapatkan 16 nutrisi yang diperlukan tubuh yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, Calcium, Phosporus, Iron, Magnesium, Sodium dan Potasium, dan diperkaya dengan sari buah asli untuk menambah kesegarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s