Kondisi Ekonomi AS Mengkhawatirkan, Dolar Makin Terpuruk.


Data-data ekonomi terbaru AS mengkhawatirkan pasar setelah berada lebih rendah atau jauh dari perkiraan pasar sebelumnya. Disaat yang sama, kondisi Eropa membaik termasuk laporan emiten perusahaan disana yang membukukan kinerja terbaikknya. Akibatnya pelaku pasar berani mengambil resiko dengan membeli aset-aset beresiko lebih.


Bursa Eropa bahkan terkatrol dengan laporan keuangan yang baik dari HSBC dan BNP Paribas. Setidaknya, pasar Eropa mampu naik 2 persen. Minyak mentah juga mendapat berkah dengan aksi risk appetite pelaku pasar, hingga mencapai harga tertinggi dalam 12 minggu terakhir ini.

Indek Dolar yang mengukur kinerja Dolar terhadap mata uang besar lainnya mencapai tiitik terendah ke 81.354 dibawah level supportnya di 81.44, yang ber arti menembus retrasement 50 dari pergerakan harga antara November hingga Juli.

Umumnya, data ekonomi AS yang jelek akan membuat investor melakukan safe havem dengan memburu Dolar. Namun saat ini justru tidak demikian, data ekonomi AS yang buruk justru mendorong pelaku pasar memburu aset beresiko.

(Sumber Reuters. dimuat juga di http://www.financeroll.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s