Ekonomi Eropa Mulai Membaik.


Paska uji tekanan terhadap perbankan, bank stress test pada minggu lalu, menunjukkan bahwa umumnya perbankan Eropa dalam kondisi yang lebih baik. Ditunjang dengan data-data ekonomi yang baik, meyakinkan pasar bahwa kondisi Eropa membaik.

Data ekonomi di awal bulan Agustus menjadi perbandaingan antara kondisi Eropa dan Amerika Serikat, data PMI Eropa dengan ISM Amerika. Data ISM lebih baik dari perkiraan awal, sementar adata PMI Eropa memang menurun namun masih diatas perkiraan pasar.

Dalam jangka panjang diperkirakan bahwa Euro masih akan menguat terhadap Dolar termasuk mata uang besar lainnya. Bahkan hal ini akan mendorong Bank Sentral Eropa, ECB untuk mempertahankan suku bunga pada bulan ini.

Disisi lain, Presiden ECB mengisyaratkan akan diakhirinya kebijakan untuk melakukan pembelian obligasi pemerintah yang dilakukan ECB dan kembali melanjutkan pemangkasan untuk mengurangi kelebihan likuiditas dipasar uang.

Harga komoditi mendapat dukungan untuk menguat dengan perubahan sentimen ini dimana harga logam kembali menguat setelah data-data ekonomi tersebut menujukkan kondisi yang membaik. Membaikanya kondisi ekonomi identik dengan kembalinya permintaan logam yang meningkat pula.

Tembaga juga terus naik hingga ke harga tertinggi dalam tiga bulan ini sementara harga minyak masih diatas kisaran $70-80 yang bertahan selama dua bulan terakhir.

Harga emas terkoreksi hingga ke harga terendah dalam tiga bulan ini paska menurunnya aksi beli investor atas ase safe haven. Disisi lain, adanya aliran keluar dari bursa di SPDR dalam satu hari, yang merupakan keluarnay dana dari pasar terbesar sejak April 2008.

Hasil stress Test perbankan Eropa membuat saham-saham merek naik hingga ke harga tertinggi dalam tiga bulan ini dan semakin terbuka kemungkinan menguat lagi setelah Komisi Pengawasan Perbankan Basel menyatakan akan meninjau kembali banyaknya permintaan penambahan modal dan aturan likuiditas.

Sementara laporan keuangan dari HSBC, Standard Chartered, BNP Paribas, Barclays, Societe Generale, Commerzbank, Lloyds Banking Group dan RBS akan menjadi indikator tingkat kesehatan bank-bank besar Eropa dan praktik perkreditannya.

(Sumber Reuters. Dimuat juga di http://www.financeroll.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s