Rio Silaen, Jadi Pembuka Jack Daniel’s Global Tour 2010.


Ditahun ketiga event Jack Daniel’s Global Tour, ajang promosi tahunan Jack Daniel’s yang menampilkan pemusik-pemusik berbakat, mandiri dan percaya diri serta diiringi kualitas musik yang orsinil menampilkan Rio Silaen.

Rio Silaen adalah Seorang Penyanyi Indonesia, Music Director, MC dan Entertainer. Sebagai penyanyi dia cukup dikenal di panggung musik Indonesia, dia memenangkan berbagai festival & lomba nyanyi di Indonesia, diantaranya Penyanyi Terbaik di Children Song Festival, membawakan lagu untuk Mantan Presiden RI Bp. Soeharto.

Anak bungsu dari 7 Bersaudara, pendiri Sekolah Performing Arts SOLA GRACIA. Berguru pada para Maestro penyanyi Indonesia seperti Bp.Pranadjaja, N. Simanungkalit, Tarida Hutauruk, Titiek Puspa, TY. Siregar sejak usia 5 tahun.Terakhir menjadi murid J. Anthony Little selama Rio berada di Seoul Korea

Rio juga terlibat dalam berbagai Misi Kebudayaan Indonesia di Manca Negara seperti Belanda, Jerman, Perancis, dan terakhir di tahun 2009, Rio kembali membawa nama Indonesia dalam Music and Art Festival, New York, Washington – USA. Setelah sebelumnya melanglang ke berbagai negara seperti Beijing, Shanghai, Seoul Korea, New Delhi, Mumbai & beberapa negara di Eropa.

Pada Agustus 2007 Rio mengadakan pagelaran Broadway Musical di Plenary Hall Jakarta Conevention Centre. Didukung oleh D’Chorus, kelompok musik & penyanyi muda berbakat yang dibentuknya. Bersama Tora Sudiro, Syaharani, Novita Angie, Andre Hehanusa, Achmad Albar & Ian Antono.

Dibulan December 2007 Rio kembali mengadakan pagelaran Musikal, bertema Natal dengan unsur kebudayaan Sumatra Utara, didukung Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak, Edo Kondologit & Sammy Keris Patih.

Pada tahun 2008 Rio tampil sebagai “Opening Act” dari Konser David Benoit yang diadakan di Jakarta. Rio juga pernah terlibat dalam pagelaran besar bersama Ria Prawiro, Dodo Zakaria, Erwin Gutawa, Twilite Orchestra Aminoto Kosin, Widya Kristanti, dll.


Deretan prestasi tersebut yang kemudian menjadi dasar Jack Daniel’s untuk menjadi salah satu pendukung peluncuran albumnya sekaligus menjadi salah satu artis dalam program Jack Daniel’s Global Tour 2010.

Album self-titlenya yang berisi 10 lagu CINTA, dimana Rio cenderung mendeskripsikan keadaan atau pengalamannya yang telah dialami sepanjang perjalanan karirnya. Menyimak karyanya, membuat kita lebih dekat dan mengerti tentang cinta & kehidupan.

Dengan genre pop easy listening yang di ramu dengan nuansa R&B, Disco bahkan semi klasik, album ini seperti bukti kemandirian Rio dalam bermusik. 10 lagu di album ini adalah ciptaannya, dengan single pertama ” Cinta Kelewatan”.

Promotion Manager Brown-Forman Indonesia, Vincent Pantow mengatakan bahwa Jack Daniel’s Global Tour merupakan wujud apresiasi perusahaan minuman whiskey dari AS tersebut terhadap dunia musik khususnya Asia. Selain kualitas, faktor musik Rio Silaen-lah yang dianggap mewakili semangat independent yang selama ini diusung Jack Daniel’s Global Tour hingga dia dipilih menjadi artis tahun ini.

Album Rio Silaen sendiri dibawah label demajors, yang selama ini dikenal sebagai publisher artis independen. David Karto, dari pihak label menyambut baik program Jack Daniel’s Global Tour yang dianggap bisa memfasilitasi para musisi independent dalam menampilkan karyanya yang terbaik. Diharapkan olehnya, bahwa program ini bisa rutin berlangsung secara berkala agar semangat independeny bisa semakin berkembang dalam dunia musik indonesia.

Bagi pihak Jack Daniel’s sendiri, kegiatan ini kembali dilakukan melihat antusiasme pecinta Jack Daniel’s terhadap keragaman musik yang ditampilkan. Brown Forman Indonesia mengajak seluruh musisi Indonesia untuk percaya diri dan berani mengusung semangat kemandirian dalam bermusik, demikian ditambahkan oleh Vincent Pantow.

Puncak acara dari Jack Daniel’s Global Tour 2010 adalah sebuah konser internasional yang menampilkan musisi internasional. (hqm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s