Indonesia Idol 2010, lebih segar.


Stasiun televisi RCTI bersama dengan Freemantle Media, kembali menggelar Indonesia Idol 2010, setelah di 2009 kemarin absen penyelenggaraannya. Kembalinya realitu singin contest terbesar, bahkan mungkin sejagat bila mengacu pada Pop Idol, maka Indonesia Idol 2010 ini mencoba mengusung konsep baru yang lebih segar.

“Be A Superstar”, sebuah konsep kemasin reality singin contest dengan reality show dalam pencarian seorang superstar. Programing Director RCTI, Harsiwi Ahmad menyatakan bahwa konsep baru tersebut memang di tujukan untuk membuat Indonesia Idol lebih menarik dan diminati. Pada 2007, jumlah peserta Audisi sebanyak 50.069 dengan melakukan audisi di 12 kota, sementara 2008 sebanyak 54.460 dengan melakukan audisi di 15 kota.

Melihat kenaikan jumlah peserta tersebut, di 2010 ini sistem audisi mengalami perubahan yang lebih besar. Jumlah kota untuk Audisi sebanyak 17 kota dengan variasi mekanisme audisi yang berbeda-beda. Special Hunt, melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki budaya menyanyi yang kental, dilakukan di kota Denpasar, Palembang, Makasar, manado, Banjarmasin dan Ambon. Kemudian Bus Audition, dilakukan di Cirebon, Tegal, Semarang, Solo, Madiun dan Malang. Untuk Big Audition, dilakukan di 5 kota besar, yaitu Surabaya, Medan, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta. Audisi yang sudah dilakukan di Surabaya, dengan jumlah peserta mencapai 5,020.

Audisi ini seperti tahun-tahun sebelumnya, digunakan untuk memilih 96 peserta untuk mengikuti tahap seleksi di Jakarta yang akan disaring hingga tinggal 24 peserta untuk masuk dalam babak workshop.

Selain konsep penjurian dan audisi yang baru, penyelenggaraan Indonesia Idol 2010 ini juga mengubah susunan jurinya. Masih tetap mempertahankan Anag Hermansyah, dengan dibantu oleh Erwin Gutawa dan Agnes Monica. sementara untuk Host, tetap mempertahankan Daniel Mananta.

Indonesia Idol 2010 diharapkan menjadi sebah wadah yang terbaik untuk menjadi superstar. Menurut Harsiwi Ahmad, seorang superstar merupakan perpaduan antara kualitas suara yang baik, perilaku, profesionalisme dan kepribadian yang baik. dengan demikian, diharapkan dengan ajang ini makan akan lahir calon-calon superstar baru yang baik dimana tidak hanya memiliki penampilan yang baik, namun juga harus memiliki bakat yang multitalented, di industri hiburan.

Aanng Hermansyah sendiri sejak awal telah mencanangkan prasyarat untuk menjadi superstar. Memiliki kemampuan vokal yang luar biasa adalah prasyarat alam, di tambah dengan kepatutan diri yang kuat dan ciri khas yang melekat. Anang juga menambahkan bahwa calon superstar haruslah bisa mengasah kemampuan musiknya hingga bisa menciptakan karya-karya yang bagus.

Erwin Gutawa dan Agnes Monica, pertama kali menjadi juri dalam perhelatan ini. Masuknya Erwin Gutawa di harapkan bisa membawa warna baru dan semakin melengkapi dalam proses pencarian Superstar.

“Saya bangga dengan pertama kali menjadi juri di Indonesian Idol, ini merupakan kehormatan bagi saya karena merupakan tanggung jawab yang besar bagi kita semua”, imbuhnya. Bagi Erwin Gutawa sendiri, superstar adalah pribadi yang secara penuh dan utuh memiliki kemampuan menyanyi dengan suara yang bagus serta di tunjang dengan penampilan yang baik diatas panggung dan dihadapan publik. Seorang Superstar harus memiliki aura tersendiri dan harus mempunyai kelebihan, ujarnya.

Agnes Monica merupakan satu-satunya juri wanita dalam Indonesian Idol 2010 yang memiliki bakat beragam. Dengan demikian diharapkan akan memberikan inspirasi bagi peserta Indonesian Idol 2010 ini. Berdasarkan pengalaman dirinya yang melang melintang beserta segudang perhargaan lainnya, maka Agnes Monica akan memberikan kontribusi positif bagi peserta.

Bagi Agnes Monica, seorang Superstar harus memiliki mental baja dan tidak pernah merasa puas serat tidak sombong. Untuk menjadi Superstar, Agnes menambahkan faktor usia sebagai salah satu hal yang penting. Superstar harus menjadi isnpirator bagi yang lainnya.

Peran Daniel Mananta dalam perhelatan ini seakan telah menjadi ikon tersendiri. Tiga kali menjadi host Indonesian Idol, tidak mengurangi daya tarik bagi seorang Daniel Mananta. Ia siap meski kali ini akan memandu acara hingga Agustus nanti ini sendirian. Bagi Daniel, ini juga merupakan tantangan tersendiri, mengingat selain harus bisa menghidupkan suasana dalam tiap episodenya, Daniel juga dituntut bisa menumbuhkan empati.

Menurut Daniel, Superstar adalah seseorang yang harus memiliki paket lengkap karena kualitas yang ia miliki harus jauh diatas rata-rata.Dengan demikian, seorang Superstar haruslah cerdas, bermental tangguh, berkarakter kuat dan bisa menjadi panutan yang lainnya. Sisi kemanusiaannya juga harus tinggi, dengan kepekaan sosial yang baik dan memilik rasa rendah hati serta mampu bersikap optimis selain harus selalu positif, tambahnya.(HQM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s