Pasar Tenaga Kerja AS Pulih ?


Untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir ini, perekonomian AS dalam sebulan terakhir terdapat peningkatan pasar tenaga kerja.

Pada Jumat terakhir di Desember 2009, dikabarkan adanya penurunan jumlah warga negara AS yang mengajukan klaim pengangguran. Secara sederhana, terindikasi adanya kenaikan pasar tenaga kerja dan menunjukkan proses perbaikan ekonomi yang dilakukan pemerintah saat ini berjalan dengan baik.

Pasar tenaga kerja memang tidak lansung pulih sebagaimana seperti saat sebelum krisis menghantam AS dua tahun lalu. Namun setidaknya, menjadi awal yang baik bagi perekonomian AS di 2010. Diperkirakan akan ada penurunan pengangguran sekurang-kurangnya 30.000 – 40.000 di bulan Desember kemarin. lebih baik dari pada angka tahun lalu, dimana kenaikan pengangguran sebesar 681.000 selama Desember 2008.

Ada beberapa alasan yang mendasari rasa optimis ini, bahwa di bulan yang akan datang, kondisi pasar tenaga kerja AS akan membaik.

Pertumbuhan ekonomi AS terus menguat sepanjang empat kuartal terakhir ini. Banyak perusahaan di AS yang sebelumnya melakukan pemangkasan karyawan untuk sekedar bertahan, namun saat ini mulai melakukan perekrutan kembali saat ekonomi mulai bergerak tumbuh.

Ratusan hingga ribuan tenaga kerja saat ini mulai dibutuhkan untuk memenuhi pertumbuhan permintaaan konsumen, meskipun masih secara temporer. Upah mereka per jam juga masih minim, sekitar $22 per jam hingga cuma $11.50 yang paling murah.

Diharapkan pula, sebagaian upah yang diterima para pekerja tersebut akan kembali masuk dalam sistem ekonomi melalui peningkatan belanja konsumen. Meningkatnya permintaan barang produksi oleh konsumen akan membuat perusahaan juga akan menambah kebutuhan tenaga kerja pula, setidaknya bisa membuat mereka menjadi karyawan full time. Dengan demikian, saat ini memang merupakan momentum bagi peningkatan pasar tenaga kerja AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s