Santa’s rally tidak akan tinggi.


Leah Schnurr, kolumnist di Reuter, menyatakan bagi pasar saham saat ini, bahwa kenaikan pasar saham tidak akan terlalu tinggi mengingat sejauh ini indek S&P 500 juga sudah naik 22 percent dan sisa hari perdagangan yang ada tidak meyakinkan untuk membuat indek meroket lagi.

Baginya, kenaikan indek bursa sudah terjadi lebih awal dan dengan kondisi saat ini, diperkirakan tidak banyak penjualan bisa terjadi. Wilayah Pantai Timur juga sudah banyak toko dan mall yang tutup akibat badai salju pada Sabtu kemarin. Bagi masyarakat AS, Sabtu kemarin disebut sebagai “Sabtu Super” yaitu hari libur terakhir untuk berbelanja sebelum datangnya Natal.

Para investor sendiri sangat terkejut dengan makin ramainya konsumen yang berbelanja secara online menjelang Natal besok. Fokus perhatian pelaku pasar pada minggu ini memang ditujukan pada indek belanja konsumen dari Reuters/Universitas Michigan, pendapatan personal, dan tingkat belanja serta klaim pengangguran pada Kamis. Bursa Saham New York Stock akan tutup lebih awal pada Kamis menyambut malam Natal.

Selain itu, para investors juga mengarahkan perhatian mereka selama minggu ini pada hasil akhir laporan kuartal ketiga PDB. Dengan kondisi pasar saat ini, data PDB mungkin sudah tidak berpengaruh banyak bagi pergerakan pasar. Data penjualan rumah dan hunian baru juga kurang berpengaruh saat ini, mengingat peran sektor ini yang pada tahun lalu berperan membuat runtuhnya sistem keuangan global.

Hubungan antara Irag dan Iran mengenai gejolak minyak juga akan mempengaruhi pergerakan saham lebih lanjut.

Pasar saham memang selalu menikmati masa-masa dimana terjadi kenaikan menjelang tutup tahun hingga awal Januari tahun berikutnya yang dikenal sebagai Santas’ rally, namun kiranya tahun ini tidak akan setinggi yang diperkirakan banyak pihak. (RTR/CWT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s