2010 : Asia diambang krisis politik


Diakui, saat ini hampir semua pihak setuju bahwa Asia masih kuat secara ekonomi dari koyakan krisis keuangan global. Dengan pertumbuhan ekonomi yang mantap dan spektakuler Asia diyakini akan aman aman saja melewati badai ekonomi ini.

Benarkah demikian ?, proyeksi ekonomi 2010 masih menempatkan pertumbuhan ekonomi akan berjalan meski lambat secara global. Pasar akan kembali pulih secara perlahan dan bertahap, bahkan bagi Asia sendiri, koreksi pertumbuhan ekonomi tidak akan terjadi manakala mereka mampu mempertahankan kondisi ekonomi dan politik seperti saat ini.

Ada dua isu penting dalam mengembalikan pertumbuhan ekonomi dunia, secara politik dimana menyangkut hubungan antara Cina dan AS serta koordinasi dan ketepatan waktu dalam menjalankan strategi mengeluarkan kebijakan stimulus dari kemelut saat ini sehingga membuat bencana ini tetap jauh.

Mempertimbangkan kemampuan Asia dalam menjaga pertumbuhan ekonominya, maka investor semestinya memperhatikan faktor politik sebagai suatu resiko yang bisa mengancam stabilitas kawasan Asia.

KOndisi kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, nampaknya menjadi perhatian manakala keadaan memburuk, maka akan berdampak pada stabilitas ekonomi kawasan tersebut.

Kedua, konfrontasi antara India dan Pakistan dalam hal proliferasi nuklir akan meningkatkan resiko kawasan tersebut termasuk meningkatnya aksi milisi di India yang bisa mengancam negara dengan pertumbuhan ekonomi nomer dua di dunia saat ini tersebut.

Ketiga, suksesi di Thailand. Kondisi kesehatan raja Thailand saat ini, Bhumibol Adulyadej, 82 tahun, sejak September juga telah di rawat kesehatannya. Kondisi ini semakin di perparah dengan krisis politik domestik Thailand dalam perebutan kursi Perdana Menteri.

Banyak analis memperkirakan bahwa ketidakstabilan politik Thailand ini bisa menjadi sedemikian buruknya dibanding krisis sebelumnya sehingga akan pasar Thailand. Jatuhnya pasar Thailand inilah yang dikhawatirkan akan menyeret pasar regional sebagaimana pada krisis sebelumnya.

Dengan demikian, paska badai ekonomi ini berlalu, Asia akan dihadapkan pada ancaman badai krisis politik secara regional dimasa yang akan datang.(RTR/CWT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s