IMF; Perbaikan ekonomi masih rapuh.


Tidak dipungkiri, bahwa proses perbaikan ekonomi saat ini sedang berlangsung meski sangat rapuh. Spekulasi bahwa kondisi sekarang ini masih memungkinkan menyeret perekonomian global dalam resesi tahap selanjutnya juga bukan yang asing lagi. Namun tidak bagi IMF, dimana meski rapuh, namun perekonomian tidak akan mengarah pada resesi lanjutan.

Juru bicara IMF Caroline Atkinson mengatakan bahwa tantangan yang masih ada saat ini adalah menjaga kelangsungan the proses perbaikan ekonomi itu sendiri yang sejauh ini memang banyak didorong oleh berbagai kebijakan oleh masing-masing pemerintah dan bank sentralnya.

Atkinson menambahkan bahwa saat ini sudah ada tanda-tanda perbaikan ekonomi di Eropa dan AS, meyakininya bahwa perbaikan ekonomi tersebut sedang berjalan, proses ini masih awal namun akan terus berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan beberapa waktu sebelum diterjemahkan sebagai bentuk lapangan kerja.

Perekonomian AS mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga 2009, mengakhiri penurunan beruntun selama empat kuartal sebelumnya. Eropa juga mengalami pertumbuhan untuk pertama kalinya setelah lebih dari satu tahun terpuruk pada periode Juli-September.

Membaiknya kondisi ekonomi di dua wilayah banyak dipicu oleh berbagai kebijakan dan bantuan pemerintah serta masing-masing bank sentral. Kondisi ini sempat memicu kekhawatiran akan terjadinya krisis tahap kedua, dimana perekonomian menguat sesaat untuk kemudian mengalami kontraksi yang lebih hebat.

Menurut Atkinson, proses perbaikan ekonomi saat ini memang rapuh. Skenario terbaik yang akan terjadi adalah kelangsungan pertumbuhan ekonomi dan tidak masuk dalam resesi ganda. Sangat penting dipahami, bahwa para pembuat kebijakan harus tetap hati-hati melakukan pendekatan tersebut.

Pasar tenaga kerja AS masih lemah dan menghambat perbaikan ekonomi saat ini, meski demikian tanda-tanda stabilitas dan pertumbuhan pasar tenaga kerja di AS mulai tumbuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s