Geithner : Asal ekonomi tumbuh, defisit tidak mengapa


TGeithner

Jakarta, Financeroll.com (02/11) — Menteri  Keuangan AS Timothy Geithner menyatakan bahwa pemerintah AS menyadari bahwa defisit anggaran belanja negara memang sangat tinggi saat ini, namun pemerintah AS saat ini lebih memfokuskan untuk menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC, Geithner ketika disinggung mengenai kemungkinan pemrintah AS menaikkan pajak, secara spesifik Geithner tidak memberikan jawaban yang pasti. Dikatakan olehnya bahwa Presiden Obama masih komitmen untuk tidak meningkatkan pajak bagi penduduk berpendapatan kurang dari $250.000 per tahun meski anggaran negara dalam kondisi defisit.

Meski demikian, pihak Gedung Putih memang belum merinci bagaimana cara untuk mengurangi defisit tersebut, mengingat fokus pemerintah memang kearah penciptaan lapangan kerja dan menggenjot pertumbuhan ekonomi. Krisis ekonomi telah membuat berbagai tatanan harus di perbaiki kembali dan hal tersebut memerlukan waktu. Satu titik jelas dalam proses perbaikan ekonomi bagi Geithner adalah dalam sistem perbankan dimana menurutnya secara dramatis telah lebih stabil sebagai hasil program dana talangan pemerintah. Hanya dalam waktu satu tahun, kondisi sektor ini bisa di katakan lebih baik setelah tahun lalu banyak institusi keuangan yang bangkrut.

Bersambung …Klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s