NUFAN World Tour 2009.


PICT0286Tak biasanya, sabtu sore, menjelang malam mingu Depok makin rami oleh anak-anak punk dari luar kota. Bila dilihat plat mobilnya, selain Jakarta, ada dari Bandung dan Bogor. Malam itu, bertempat di Bumiwiyaat Depok, digelar konser band punk rock asal California, AS, No Use For A Name (NUFAN).

Memang tidak lazim sebuah band internasional menggelar konser di luar Jakarta, namun demikian band ini justru memilih Depok salah satunya demi keamanan paska pengeboman di Ritz Carlton dan JW Mariot beberapa waktu lalu.

Bagi Depok sendiri, hal ini nampaknya di jadikan prestasi tersendiri. NUFAN adalah artis internasional yang melakukan konserdi kota tersebut. Selain Indonesia, Malaysia, Jepang dan Cina menjadi negara di Asia tempat NUFAN melakukan konser.

Dalam rangkain tur ini, mereka menggunakan formasi terbaru yaitu Tony Sly (Vokal/Gitar), Chris Dodge ( dari Leg wagon /Gitar), Steve papoutsis (Bass), Rory Koff (Drum).

Bukan tanpa sebab band yang biasa disebut NUFAN ini memilih kota Depok sebagai tempat tujuan. Tragedi bom Marriot dan Ritz Carlton beberapa waktu lalu, membuat band ini menghindari Jakarta demi alasan keamanan.

Band yang satu label dengan NOFX,di Fat Mike Fat Wreck Chords ini memang akrab di scene punk dan alternatife tanah air. Ada alasan lain dari pihak Hit N Run Entertainment sebagai penyelenggara konser ini, bahwa pemilihan Depok sebagai lokasi konser adalah untuk mendekatkan pada scene punk yang memang besar di Bogor, Depok dan sekitarnya. Tak heran bila malam itu tak kurang 700an penonton memenuhi Bumiwiyata Concert Hall.

Meskipun ini merupakan penampilan pertama No Use For A Name di Indonesia,namun sejak awal mereka optimis bisa sukses tampil di Indonesia. Dengan dukungan soundsytems dan tatapanggung yang baik, band ini langsung menghajar penonton dengan nomor-nomor akrabnya. Hampir sepanjang pertunjukkan koor penonton selalu mengikuti lantunan Tony Sly, sebagai bentuk apresiasi betapa mereka sangat akbran dengan scene lokal.

Sejak berdiri pada 1987 hingga kini, NUFAN telah telah melahirkan tujuh album bersama Fat Wreck Chords dan dua album yang dirilis ulang. Tak heran stok lagu mereka cukup banyak. Band yang terkenal kerap berganti personil, khususnya di posisi gitar, telah mencatat tak kurang 9 orang pernah masuk formasi band ini, salah satunya Chris Shiflett yang saat ini ada di Foo Fighters. Tahun 2009 ini, gitaris Log wagon, Chris Rest masuk kedalam NUFAN menggantikan Dave Nessie.

Pertunjukan malam itu termasuk sukses, dengan harga tiket yang bisa dikatakan tidak murah, namun animo penonton yang tinggi membuktikan bahwa musik punk yang selama ini lekat dengan konser yang rusuh nampaknya tidak terwujud. Pihak Hitnrun secara sengaja mematok harga tiket tinggi juga untuk menyaring penonton dan menghindari keributan yang berpotensi muncul.

Suhu yang tiba-tiba dingin akibat hujan yang semoat mengguyur kota Depok sore harinya, membuat suasana dalam gedung tetap sejuk dan adem ayem. penonton memang menghangat dengan penampilan pembukaan dari band-band lokal, seperti Speak Up, Kuro, No Label, dan Do Sound. Band-band tersebut rata-rata tak asing di telinga penonton, beberapa lagu mereka kadang diikuti dengan koor penonton. Malam itu, penantian komunitas punk rock benar-benar terpuaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s