Ade Alfonso, Cinta dan daur ulang lagu lama.


Lukman Agustus 027Artist : Ade Alfonso,

Album : All About Love

Publisher : Revisamusic

Tahun Release : Agustus 2009.

Terdapat 10 lagu bertemakan cinta yang dikemas dalam aransemen musik berwarna-warni, mungkin itu sebabnya cover Cd album ini juga warna-warni, yaitu : Jalan Terbaik, Long Time No See, Jangan biarkan, Amore Amor, Kau Cinta yang Terindah, Sesaat Kau Hadir, Bila Tak Ada Aku, Kisah Lalu, Pulau Cinta dan Tak Harus Memiliki.

Kemampuan vokal Ade yang matang dalam bernyanyi membuat lagu-lagu yang dibawakannya memiliki sentuhan pribadi tersendiri. Totalitas, menyentuh, penuh dengan emosi nan romantis dan terkadang meluap-luap penuh sensasi, namun tidak cengeng.

Usai menyabet juara 1 festival lagu di tahun 2005 lalu, Ade ke Amerika dan mengasah kemampuan bernyanyinya disana. Hasil perjalanan itulah yang dituangkan dalam album “All About Love”.

dari 10 lagu diatas, lagu Long Time No see merupakan single utama. Bernuansa ceria dengan beat-beta yang dinamis (malah mengingatkan seperti I am Yours nya Jason Marz). dengan sentuhan sedikit Reggae maka kesan dinamis makin kental. Lirik dan konsep irama di garap langsung oleh Ade termasuk lagu “Jalan Terbaik”.

Album ini, musiknay diarahkan oleh Irman AS, yang membuat All About Love menjadi lebih beragam dibanding dengan keragaman musik yang ada saat ini. Hal ini tak lepas dari pengalaman Arranger dalam menganalisa pasar musik di Indonesia kini.

Lagu Long Time No See sendiri berbicara tentang seorang pria yang sedang dilanda jatuh cinta, segala cara dilakukannya untuk mendapatkan cinta sang wanita idaman meski harus mengobral banyak rayuan basa basi , hasrat cintanya membuat dia tersiksa setiap waktu.

Video Klipnya disutradarai oleh Emil G. Ham (Film Tiren, Maxima Pictures, 2009) dengan konsep jenaka dan cerita. Model klipnya adalah Yukino (Gadis Sampul 2007,Sinetron Cinta Fitri-MD Entertainment, 2009).

Di album ini, Ade nampaknya memberanikan diri membawakan lagi dua lagu lama, Jangan Biarkan (cipt.Hanny Tuheteru) yang dipopulerkan oleh Diana Nasution,yang juga Ibu dari penyanyi Ello. dan lagu Sesaat Kau Hadir, dari Utha Likumahua dimana lagu ini menjadi salah satu hits dekade ’90an dan sering menjadi lagu andalan diajang festival lagu.

Ade Alfonso, (yang juga ada hubungan keluarga dengan Glenn Fredly) dapat dibilang cukup berhasil menyanyikan kedua lagu yang di recycle tersebut. Ditambah dengan gaya Ade dan musik yang lebih segar.

Single kedua adalah Jalan Terbaik, dimana lagu ini berkisah tentang cinta dua insan yang harus berakhir dengan perpisahan. Sang pria yang tidak berdaya menyembunyikan kecerobohannya membuat sang kekasih selalu tersakiti, akhirnya dengan keputusan yang menyakitkan sang pria merelakan kekasihnya untuk mencari pendamping yang lain, yang lebih baik dari dirinya.

lagu-lagu dialbum ini dikemas dengan musik pop slow romantic, dengan mengandalkan kualitas vokal penyanyi dan kekuatan lagunya.Masing-masing lagu memang mengndung corak yang variatif dengan agar lebih dinamis dan terdengar fresh.

Sebuah totalitas untuk dunia musik Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s